Belajar dan bertumbuh bersama Yesus Kristus yang adalah Guru dan Tuhan. Muridkan diri pribadi lebih dahulu sebelum memuridkan orang lain

May 18, 2017

Untuk Awal yang Baru, Mulailah dengan Pertobatan

Bacaan Hari ini:
Ratapan 3: 40-42a "Marilah kita menyelidiki dan memeriksa hidup kita, dan berpaling kepada TUHAN. Marilah kita mengangkat hati dan tangan kita kepada Allah di sorga: Kami telah mendurhaka dan memberontak,"
Jalan menuju awal yang baru dan hati nurani yang jernih dimulai dengan pertobatan. Pertama, Anda harus menyelidiki setiap area dalam kehidupan Anda dan kemudian bertobatlah dari setiap dosa Anda.

Apa artinya bertobat? Artinya tiga hal: Pertama, Anda bertanggung jawab atas dosa Anda. Kedua, Anda menjauh dari dosa Anda. Ketiga, Anda berpaling kembali kepada Tuhan dalam anugerah-Nya.

Alkitab berkata, "Marilah kita menyelidiki dan memeriksa hidup kita, dan berpaling kepada TUHAN. Marilah kita mengangkat hati dan tangan kita kepada Allah di sorga: Kami telah mendurhaka dan memberontak," (Ratapan 3: 40-42a).

Pertobatan bukan berarti menyangkal dosa Anda. Jangan berkata, "Itu bukan masalah besar." Itu masalah besar, sebab Anda masih mengingatnya. Jangan berkata,"Itu terjadi sudah lama sekali" atau "Itu hanya bagian dari kehidupan yang saya jalani” atau "Semua orang juga melakukannya." Itu semua hanya alasan! Anda tidak bisa membenarkan dosa, meminimalkannya, memakluminya, atau menyalahkan orang lain. Itu bukan pertobatan sejati.

Perhatikan hal ini: Rintangan terbesar dalam penyembuhan dari semua masalah hati Anda adalah Anda sendiri. Jangan menunggu Tuhan; Jangan menunggu orang lain. Tuhan ingin menyembuhkannya, tetapi hambatan terbesar dalam mewujudkannya ialah diri Anda sendiri.

Alkitab mengatakan dalam 1 Yohanes 1:8, "Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita."

Apakah Anda ingin menyingkirkan kebiasaan jelek yang merusak diri Anda sendiri? Anda baru bisa berhenti merusak diri sendiri, jika Anda berhenti menipu diri sendiri. Semuanya berawal dari kejujuran dengan mengakui bahwa ada sesuatu yang salah. Akuilah seberapa pun kuatnya keinginan Anda untuk membenarkan dan memaklumi dosa-dosa Anda. Anda harus mengakuinya, mengatakannya, dan melenyapkannya dari hidup Anda.


Renungkan hal ini:

Apa yang saat ini Anda pura-pura tidak tahu? Apa yang Anda tutupi agar Anda terhindar dari rasa bersalah? Apa yang Anda anggap bukan sebuah dosa?

Tidakkah Anda berpikir bahwa ini sudah waktunya untuk menyelesaikan dan menyingkirkan dosa-dosa itu dari hidup Anda? Cara-cara apa yang akan Anda gunakan untuk pertobatan Anda hari ini?

Bacaan Alkitab Setahun :
1 Tawarikh 1-3; Yohanes 5:25-47

Langkah pertama yang terpenting dalam pertobatan adalah sadar adanya dosa dalam diri Anda dan keinginan untuk mau berubah.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

0 comments:

Post a Comment

Translate

Join with us

Berlangganan Melalui Email

Masukan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner

Support Community

Powered by Blogger.