Belajar dan bertumbuh bersama Yesus Kristus yang adalah Guru dan Tuhan. Muridkan diri pribadi lebih dahulu sebelum memuridkan orang lain

January 21, 2017

Menghargai Nama-Nya



Bacaan Hari ini:
Keluaran 20:7 "Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan."

Apakah Anda peduli dengan nama Anda? Apakah Anda senang ketika orang memfitnah atau mengucapkan hal-hal yang tak benar tentang Anda? Apakah Anda pernah mengalaminya? Saya pernah. Tidak ada yang menikmati itu. Kita tentu ingin menjaga nama baik kita. Alkitab mengatakan bahwa "Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas" (Amsal 22:1).

Allah peduli dengan nama-Nya juga. Dan Dia mengatakan pada kita, "Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan" (Keluaran 20:7). Kata sembarangan secara harfiah dapat diterjemahkan menjadi "dengan cara yang sia-sia, tak bermakna, tak tulus, dan sembrono."

Lalu bagaimana bisa orang menyebut nama Tuhan dengan sembarangan? Salah satunya yang benar-benar kentara ialah mengucapkannya sebagai sumpah serapah. Bukankah menarik melihat bagaimana orang-orang mengucapkan nama Yesus Kristus begitu sering? Bahkan bagi orang yang tak percaya sekalipun, dalam keadaan kerohaniannya yang samar-samar tahu jika ada sesuatu yang berbeda dengan nama Yesus sehingga mereka sering mengucapkannya di banyak situasi. Secara tidak langsung, orang yang tak percaya mengakui kuasa Yesus bahkan saat mereka salah menggunakan nama-Nya.

Cara lain bagaimana orang mengucapkan nama-Nya dengan sembrono ialah dengan berkata "Sumpah demi Tuhan." Namun Yesus berkata, "Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat" (Matius 5:37). Kata-kata Anda saja sudah cukup, tak perlu bersumpah di atas nama-Nya

Biarkan saya menambahkan satu contoh lain bagaimana kita seringkali menyebut nama Tuhan dengan sembarangan:

Mengucapkan ungkapan "Oh My God." Ungkapan ini adalah ekspresi yang populer di zaman ini. Tapi itu sama saja dengan menyalahgunakan nama Tuhan. Hal sama juga berlaku ketika kita mengirim pesan singkat OMG. Jangan lakukan itu. Jangan menggunakan nama Allah dengan sia-sia.

Tuhan peduli akan Nama-Nya; sebaliknya begitu pula kita.


Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 43-45; Matius 12:24-50

Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Greg Laurie)


Jangkauan Pelayanan MuridSejati.com akan sangat di bantu saat anda ikut berbagai tulisan yang baru anda baca, tekan tombol berbagi yang sudah tersedia. Terima Kasih Atas Bantuan Anda.

0 komentar:

Post a Comment


Anda diberkati dengan website ini ?
Bantu pengembangan website
 lewat Donasi :





Transfer Bank klik:


Berlangganan Melalui Email

Masukan alamat email anda:

Pastikan emailAktif

Data Kunjungan

Blog Archive