Belajar dan bertumbuh bersama Yesus Kristus yang adalah Guru dan Tuhan. Muridkan diri pribadi lebih dahulu sebelum memuridkan orang lain

December 01, 2016

Tembok Perlindungan


Ayat Renungan:
Zakharia 2:5  Dan Aku sendiri, demikianlah firman TUHAN, akan menjadi tembok berapi baginya
di sekelilingnya, dan Aku akan menjadi kemuliaan di dalamnya."

Selengkapnya Baca:  Zakharia 2:1-5

Tembok yang mengelilingi sebuah kota pada masa lampau diperlukan untuk melindungi kota tersebut dari serangan musuh. Oleh karena itu, penting sekali memastikan tembok tersebut kokoh dan tidak mudah ditembus musuh.

Pada penglihatan ketiga ini, Zakharia melihat seorang muda yang bertugas mengukur keliling Yerusalem (ayat  Za 2:2). Rupanya orang itu sedang menjalankan tugas menggenapi penglihatan pertama ( Za 1:16), yaitu Yerusalem akan dipulihkan untuk menjadi tempat bagi umat Tuhan merasa aman dan merasakan kehadiran Tuhan. Apa gunanya mengukur keliling kota kalau bukan untuk mendirikan tembok sebagai benteng perlindungan kota tersebut?

Yang luar biasa dari penglihatan ini adalah, tidak akan ada tembok yang akan didirikan mengelilingi Yerusalem, seperti yang ada pada masa lalu. Tujuan Tuhan adalah membuka Yerusalem selebar-lebarnya dan seluas-luasnya supaya bisa menampung orang dan ternak sebanyak-banyaknya (ayat  Za 1:4). Bukankah ini melambangkan pemulihan Yerusalem sebagai pusat ibadah bukan hanya untuk umat Israel, tetapi untuk semua umat Tuhan dari berbagai suku dan bangsa? Hal tersebut pernah dinubuatkan Yesaya dan Mikha, nabi-nabi sebelum pembuangan.

Ternyata walau Yerusalem itu tak bertembok sehingga dari sudut pandang manusia rentan untuk diserbu musuh, Allah menyatakan diri sebagai tembok berapi perlindungan yang teguh bagi umat yang tinggal di Yerusalem. Kalau Allah adalah penjaga Israel, siapakah yang sanggup mendobrak masuk dan mencelakakan mereka? Tidak ada (lih.  Mazm 121)!


Kita bisa mengaplikasikan penglihatan ini untuk gereja Tuhan masa kini. Sebagaimana Yerusalem harus tidak bertembok agar semua orang boleh berziarah dan beribadah kepada Tuhan di sana, demikian gereja harus terbuka kepada siapa pun yang hendak mencari dan menyembah Tuhan di sana! Dengan iman kita percaya Tuhan sendiri yang akan menjaga umat-Nya demi kemuliaan-Nya!


Mari bantu kami ambil bagian dengan menyebarkan Renungan ini dengan Klik: Bagikan / Share. Terima kasih Tuhan Yesus memberkati. 

0 comments:

Post a Comment

Translate

Join with us

Berlangganan Melalui Email

Masukan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner

Support Community

Powered by Blogger.