Belajar dan bertumbuh bersama Yesus Kristus yang adalah Guru dan Tuhan. Muridkan diri pribadi lebih dahulu sebelum memuridkan orang lain

December 02, 2016

HIDUP DALAM KRISTUS - Pelajaran 2: BERTUMBUH DALAM KRISTUS



Pelajaran 2:
BERTUMBUH DALAM KRISTUS

Ayat Hafalan

1. Mintalah dalam Iman

Jika percaya, maka apa pun yang kalian minta dalam doa, akan
kalian peroleh.
  Mat 21:22

2. Keyakinan dalam Doa

Dan kita berani menghadap Allah, karena kita yakin ia mengabulkan
doa kita, kalau kita minta apa-apa saja yang sesuai dengan
kehendakNya.  Karena kita tahu bahwa Ia mendengarkan kita kalau
kita memohon kepadaNya, maka kita tahu juga bahwa Ia memberikan
kita apa yang kita minta daripadaNya.
  1Yoh 5:14,15

3. Kemenangan Melalui Firman

Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih?
Dengan menjaganya sesuai dengan firmanMu. Dalam hatiku aku
menyimpan janjiMu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau.
 Mzm 119:9,11

4. Hidup oleh Firmannya

Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja,
tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."
 Mat 4:4

Tahukah anda bahwa Allah ingin melewatkan waktu bersama dengan anda? Ini mungkin mengejutkan anda, tetapi baiklah kita memikirkannya sebentar. Ketika anda menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, anda menjadi anggota keluarga Allah, anak Allah. Anda boleh menyapa Allah sebagai Bapa! Bapa manapun yang baik, ingin berada bersama anak-anakNya. Kadang-kadang dengan semuanya sekaligus, tetapi sering kali hanya dengan masing-masingnya secara perseorangan. Itulah cara yang membuat seseorang dapat mengenal pribadi lain dengan baik, yaitu dengan melewatkan waktu khusus bagi orang bersangkutan.

Cara terbaik untuk mengenal Bapa Sorgawi anda, ialah dengan memberi waktu khusus untukNya. Dia telah menyatakan bahwa Dia tertarik pada kita, anak- anakNya.

Cara agar kita dapat lebih mengenal Allah dalam waktu khusus tersebut adalah melalui pembacaan FirmanNya dan berbicara kepadaNya dalam doa.

Kita dapat berdoa kepadaNya, kapan saja tiap hari -- sambil menuju tempat kerja, sedang membuat kue, sambil mencuci baju, ketika anda belajar di sekolah. Memberi waktu khusus bersama seseorang berarti memberi perhatian tanpa gangguan- gangguan.

Mungkin saat terbaik anda ialah pagi hari… ketika anda masih segar, sebelum memulai kegiatan-kegiatan hari itu. Atau mungkin malam hari adalah saat terbaik anda menyediakan waktu khusus bersama Tuhan ... menjelang anda mengakhiri hari bersangkutan, sambil memikirkan rencana-rencana hari berikutnya, dan siap beristirahat dalam karuniaNya.

Kapanpun saatnya, tetaplah pelihara waktu bersama Dia. Yesus bangun pagi-pagi untuk berdoa. Dia pergi ke suatu tempat yang sunyi. Ide yang baik untuk anda tiru!

Waktu-waktu yang anda lewatkan bersama Allah ini, seperti halnya waktu yang biasa kita lewatkan bersama orang tua jasmani anda, bukan sekedar kebiasaan.

Sapaan harus dikemukakan lebih dahulu, sambil secara singkat memohon Allah memberkati waktu bersamaNya itu.

Kemudian, anda bisa membaca sebagian dari FirmanNya untuk anda. Jika anda baru mulai berkenalan dengan Alkitab, mungkin Injil  Yohanes ( Yoh 1:1-21:25) paling menarik bagi anda, karena disinilah rencana Allah untuk anda melalui Yesus Kristus, paling indah dipaparkan.

Sesudah selesai membaca Injil Yohanes, mungkin anda ingin meneruskan dengan kitab Kisah para Rasul ( Kis 1:1-28:31), untuk melihat bagaimana orang Kristen mula-mula menyaksikan iman mereka pada orang-orang disekitar mereka. Menyaksikan iman, adalah sesuatu yang sangat penting yang dapat anda lakukan bagi Allah.

Selain Alkitab dalam bahasa Indonesia yang baku (TB), ada dua terjemahan lainnya. Alkitab dalam Bahasa Indonesia Sehari-hari (BIS) dan juga dalam versi Firman Allah yang Hidup (FAYH). Ketiganya sama baik untuk mendapatkan arti segar Firman Tuhan dengan jalan memperbandingkannya.

Sementara anda membaca, renungkanlah Firman itu.  Merenung berarti berpikir tentang hal-hal rohani secara sungguh-sungguh. Merenungkan Firman yang anda baca berarti memikirkan secara tenang, hati-hati dan mendalam, tentang Allah: betapa ajaib Dia, hal-hal ajaib apa saja yang telah Dia lakukan bagi anda, dan apa yang Dia inginkan dari anda. Mungkin anda menemukan:

- Suatu pelajaran tertentu tentang Allah.
- Suatu janji khusus untuk didoakan.
- Suatu petunjuk yang menolong anda dalam hidup anda sehari-hari.
- Suatu perintah untuk anda taati.
- Suatu peringatan tentang dosa tertentu dalam hidup anda.
- Suatu ayat yang berarti yang ingin anda hafalkan.

Jangan membaca tergesa-gesa atau berusaha membaca terlalu banyak. Ikutlah program bacaan Alkitab yang diterbitkan untuk membantu orang Kristen membaca dan merenungkan Alkitab secara teratur. Jangan lakukan saat teduh anda bersama Tuhan dengan tergesa-gesa, khususnya jika anda menyediakan waktu bersamaNya tiap hari.

Sesudah anda selesai membaca dan merenungkan, berbicaralah dengan Allah dalam doa. Bicaralah kepadaNya seperti anda bicara kepada orang tua yang anda kasihi, yang menginginkan yang terbaik untuk anda, dan yang ingin membantu anda sebaik mungkin.

Mungkin anda tidak tahu, apa yang harus anda bicarakan dengan Allah dalam doa. Usul-usul berikut bisa membantu anda:

Anda dapat memuji Dia karena DiriNya. Dia adalah Pencipta dan Pemelihara segenap alam semesta, Namun yang tertarik pada masing-masing kita yang menjadi anggota keluargaNya!

Anda dapat berterimakasih kepadaNya atas segala yang Dia telah buat, atas segala karyaNya bagi anda, dan atas segala kehendakNya untuk anda.

Anda dapat menceritakan kepadaNya tentang hal-hal yang telah anda lakukan dan pikirkan yang kemudian anda sesali. Ini adalah mengakui dosa-dosa anda. Dalam FirmanNya, Dia menyatakan bahwa Dia mampu dan setia untuk mengampuni dosa-dosa kita.

Anda dapat mendoakan keluarga anda. Kita berkewajiban mendoakan anggota keluarga kita.

Anda dapat berdoa bagi orang lain ... para sahabat atau tetangga dengan segala kebutuhan mereka, jasmani maupun rohani. Anda dapat meminta Allah untuk bekerja dalam hati sementara orang yang anda harap akan mengenal Kristus sebagai Juruselamat mereka, seperti yang telah anda alami. Ingatlah mereka yang baru menjadi Kristen. Andapun bisa berdoa bagi para pejabat pemerintah kita, untuk pendeta dan pelayan gereja anda, untuk para pendeta utusan dan pelayan-pelayan Kristus lainnya.

Anda dapat berdoa untuk diri sendiri. Mintalah pimpinanNya untuk hari baru tersebut. Minta Dia menolong anda sementara anda menghadapi masalah-masalah.

Minta agar Tuhan mengatur kesempatan, supaya anda dapat melayani Dia dengan membantu orang lain, lewat kata ataupun perbuatan.

Mungkin anda ingin mendaftarkan pokok-pokok permintaan doa anda, supaya anda tidak terlupa, dan supaya kelak dapat anda tandai jawab Allah: "Ya," "Tidak," atau "Tunggu". Gunakanlah buku catatan kecil untuk ini.

Jika anda telah bersaat teduh bersama Allah di pagi hari, teruskanlah hari itu dengan keadaan segar dan siap menghadapi apapun yang terjadi.

Jika anda telah bersaat teduh bersama Allah di malam hari, tidurlah tenang dalam pemeliharaanNya, siap beristirahat memasuki hari baru untuk melayani Dia lagi.

Sebenarnya anda dapat bersaat teduh bersama Allah, baik pada pagi hari maupun malam hari.

Ingatlah bahwa anda dapat berdoa kepadaNya, kapan saja, dimana saja… di sekolah, di pekerjaan, di rumah… tentang apa saja, meminta sesuatu yang anda perlukan, atau bersyukur kepadaNya bagi sesuatu yang telah anda terima. Sebagaimana halnya bapak lahiriah yang penuh kasih, Allah pun tertarik atas segala hal yang terjadi pada anda.

Dan kini Dia sedang menunggu anda menyisihkan waktu anda untuk melewatkan waktu bersama Dia esok hari.

RAHASIANYA

Pagi-pagi hari kutemui Allah
Ketika hari sangat indah,
HadiratNya datang seperti fajar merekah
‘Bak semangat yang bergelora di dadaku.

Sepanjang hari hadiratNya menetap
Sepanjang hari Dia besertaku;
Kami berlayar dalam ketenangan penuh
Melintasi samudera bergelora

Kapal-kapal lain oleng dan terhempas,
Kapal-kapal lain terpukul dasyat;
Tetapi angin yang mendera mereka
Memberi kami damai dan istirahat.

Lalu kuingat pagi-pagi lainnya,
Dengan hati penuh sesal,
Waktu ku terguncang jua,
Tanpa hadiratNya.

Lalu tahulah aku, rahasianya
Belajar dari banyak pengalaman susah;
Kita harus mencari Allah di pagi hari
Jika kita ingin Dia serta sepanjang hari.

Ralph S. Cushman





Mari bantu kami ambil bagian dengan menyebarkan Pelajaran ini dengan Klik: Bagikan / Share. Terima kasih Tuhan Yesus memberkati.


Jangkauan Pelayanan MuridSejati.com akan sangat di bantu saat anda ikut berbagai tulisan yang baru anda baca, tekan tombol berbagi yang sudah tersedia. Terima Kasih Atas Bantuan Anda.

1 comment:


Anda diberkati dengan website ini ?
Bantu pengembangan website
 lewat Donasi :





Transfer Bank klik:


Berlangganan Melalui Email

Masukan alamat email anda:

Pastikan emailAktif

Data Kunjungan

Blog Archive