Belajar dan bertumbuh bersama Yesus Kristus yang adalah Guru dan Tuhan. Muridkan diri pribadi lebih dahulu sebelum memuridkan orang lain

December 01, 2016

HIDUP DALAM KRISTUS - Pelajaran 1: MENGENAL KRISTUS


HIDUP DALAM KRISTUS

Pelajaran 1: MENGENAL KRISTUS
Janji Keselamatan

Keselamatan berarti kelepasan dari hukuman dan akibat dosa keselamatan juga berarti suatu permulaan kehidupan baru dengan Tuhan Yesus Kristus. Sebagai mahluk berpikir, seharusnya tiap orang memikirkan keampunan dan menginginkan kedamaian dengan Allah. Dalam usaha mereka mencapai tujuan tadi, manusia mencoba berbagai usaha. Seringkali mereka membuat rencana Allah yang sederhana untuk mewujudkan keampunan tadi menjadi rumit. Dia memberi hidup baru kepada manusia, melalui iman dalam PutraNya, Yesus Kristus.

Mungkin ayat Alkitab yang terbaik mengungkapkan hal ini ialah:

"Karena Allah sangat mengasihi isi dunia ini, sehingga diberikanNya
AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya,
tidak akan binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal."
Yohanes 3:16


Mari kita selidiki ayat ini, bagian demi bagian, untuk mengerti pesannya dengan lebih baik!

"Karena Allah sangat mengasihi isi dunia ini"

"Isi dunia ini" adalah anda…. dan setiap manusia yang menghuni dunia ini. Allah sungguh mengasihi anda, dan bagian berikut ini menunjukkan bagaimana Allah menunjukkan kasihNya itu.

"Sehingga diberikanNya AnakNya yang tunggal"

Bagaimana Allah memberikan AnakNya? Jawabnya terdapat dalam  Roma 5:8; "Allah menunjukkan kasihNya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa." Kristus membayar hukuman terhadap dosa-dosa anda, ketika Dia disalibkan. Dia memikul dosa-dosa kita dan mati sekali untuk selama-lamanya. Di salib Dia berseru, "Sudah selesai" ( Yohanes 19:30 BIS). Yesus telah melakukan segala yang diperlukan untuk keselamatan anda. Anda harus mengakui kebutuhan anda akan Juruselamat, memohon belas kasihan, dan mempercayai Dia sepenuhnya, seperti yang ditunjukkan dalam bagian berikut.

"Supaya setiap orang yang percaya kepadaNya, tidak akan binasa"

Alkitab berkata, "Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah," dan "upah dosa ialah maut…" ( Roma 3:23 dan 6:23). Semua manusia adalah orang berdosa dan berada dibawah hukuman Allah. Akibat dosa ialah perpisahan kekal dari Allah. Namun demikian, janjiNya berkata, "setiap orang yang percaya kepadaNya tidak akan binasa_." Ungkapan, "setiap orang yang percaya_," menunjuk pada anda, jika anda telah bertobat dan menaruh percaya anda di dalam Yesus. Mempercayai bahwa Yesus Kristus adalah Putra Allah dan mengakui Yesus sebagai Tuhanmu, berarti anda tidak perlu membayar hukuman terhadap dosa- dosa anda, karena Yesus telah membayar hukuman itu dalam kematianNya di kayu salib. Melalui kematianNya, anda telah diluputkan dari murka yang akan datang.

Dalam kenyataan praktisnya, ini berarti suatu tindakan pertobatan dan iman di pihak anda… menerima Kristus masuk ke dalam hidup anda. "Namun… orang yang menerima Dia dan percaya kepadaNya; ... diberiNya hak menjadi anak Allah" ( Yohanes 1:12 BIS). Yesus, Putra Allah, telah menjadi manusia. Dia datang kepada umatNya untuk menjadi Raja mereka dan menghapus dosa-dosa mereka. Sedihnya, mereka justru menolak Dia. Namun demikian Yohanes menegaskan pada kita, jika kita menerima Yesus sebagai pengatur hidup kita dan mempercayai Dia, kita akan diterima Allah. Menerima Yesus sebagai pengatur hidup anda berarti berketetapan hati meninggalkan semua dosa anda dan berhenti mengatur hidup anda sendiri. Inilah pertobatan. Percaya padaNya adalah mempercayai Yesus sebagai yang mampu mengampuni anda. Sambutan anda dalam doa, adalah seruan pada Allah, memohon Dia memampukan anda menyerahkan kemauan anda dan mempercayai bahwa Allah akan menerima anda, berdasarkan siapa Yesus dan apa yang Dia lakukan. Ketika anda menerima Dia dan percaya dalam namaNya hal-hal ajaib akan terjadi.

"Melainkan beroleh hidup yang kekal"

Berdasarkan janji Firman Allah, hidup kekal adalah milik semua orang percaya sekarang ini juga.  Saat anda percaya padaNya; dosa-dosa anda diampuni ( Kolose 1:14); anda menjadi anak Allah ( Yohanes 1:12); dan anda memiliki hidup kekal ( Yohanes 3:16).

Sudahkah secara pribadi, anda mempercayai Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatmu? Jika sudah, maka berdasarkan Firman Allah, anda memiliki hidup kekal. Jika belum, anda dapat melakukannya sekarang juga. Alkitab berkata, "Sebab barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan" ( Roma 10:13). Melalui doa anda dapat berbicara kepada Allah. Katakan kepadaNya bahwa anda ingin percaya dalam PutraNya, Yesus Kristus. Dengan demikian anda membuat respon pribadi. Hidup Kristen adalah suatu hubungan pribadi dengan Allah melalui Yesus Kristus. Anda dapat menerima Yesus Kristus ke dalam hidup anda disini, saat ini juga, sambil berdoa kepada Allah seperti yang berikut ini:

Ya Allah yang hidup,

Engkau telah berfirman bahwa aku seorang berdosa dan butuh pengampunanMu.

Aku  memohon Engkau membantuku berpaling dari dosaku.

Engkau telah berfirman bahwa aku harus bertobat dan percaya pada Tuhan
Yesus Kristus, supaya aku dapat diampuni.

Aku kini menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatku.

Aku bersedia, oleh pertolongan Allah, mengikuti dan mentaati Kristus
sebagai Tuhan kehidupanku.

Supaya anda memiliki keyakinan keselamatan, tempatkanlah Allah di atas FirmanNya. "Karena Allah sangat mengasihi isi dunia ini, sehingga diberikanNya AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya, tidak akan binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal" (#/I_FAYH Yohanes 3:16). Kutipan ini adalah salah satu dari empat ayat hafalan di kartu-kartu yang dapat anda temui terlampir dalam buku ini. Hafalkan ayat ini dan jika anda pernah meragukan keselamatan anda, gunakan ayat ini sebagai sauh iman anda.

Mari bantu kami ambil bagian dengan menyebarkan Pelajaran ini dengan Klik: Bagikan / Share. Terima kasih Tuhan Yesus memberkati.


0 comments:

Post a Comment

Translate

Join with us

Berlangganan Melalui Email

Masukan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner

Support Community

Powered by Blogger.