Belajar dan bertumbuh bersama Yesus Kristus yang adalah Guru dan Tuhan. Muridkan diri pribadi lebih dahulu sebelum memuridkan orang lain

December 12, 2016

FAKTA ALKITAB TEMPAT DAN WAKTU KELAHIRAN YESUS KRISTUS



Mari kita lihat kembali betapa akuratnya Alkitab memberitahukan waktu kelahiran dan tempat kelahiran TUHAN YESUS KRISTUS.

Lukas 24:44 :
Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur."

333 NUBUATAN & 456 IDENTIFIKASI KEHIDUPAN YESUS DALAM PL DIGENAPI

Analisis matematis yang didasarkan pada prinsip2 probabilitas telah digunakan oleh Prof. Peter W. Stoner dlm bukunya “SCIENSE SPEAKS” untuk menguji 8 nubuatan dari 61 nubuatan umum.

Stoner mengatakan : “kami berpendapat bahwa kemungkinan bagi seseorang menggenapi kedelapan nubuatan itu adalah 1 berbanding 10 pangkat 17 (1017), tetapi kenyataannya semua nubuatan tsb digenapi dalam diri Yesus.”


NUBUATAN TEMPAT KELAHIRAN YESUS
MIGDAL  EDER
[bc. Migdawl Ayder]

MIKHA 4:8
Dan engkau, hai Menara Kawanan Domba, hai Bukit puteri Sion, kepadamu akan datang dan akan kembali pemerintahan yang dahulu, kerajaan atas puteri Yerusalem. (Bdk. Kej. 35:16-21)

MIKHA 5:1
Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala. [Bdk. Mat. 2:1; Luk. 2:1-7]

ETIMOLOGI


ASAL-MUASAL MIGDAL EDER


MIGDAL EDER & NATAL YESUS
Menara-Eder (Menara Kawanan domba) ini didirikan dalam masa perkabungan meninggalnya Rahel (namanya berarti harfiah "domba betina").  Jadi di sini ada hubungan nama Rahel dengan "kawanan domba-domba" (sebagai nama dari menara itu)

Menara Migdal-Eder ini pada abad-abad pertama Masehi adalah suatu tempat khusus untuk mengurung "kawanan domba" yang kelak akan dipilih menjadi korban di Bait Allah di Yerusalem. Tradisi ini sudah ada sejak zaman Nabi Yeremia.


Beberapa penafsir (sarjana Alkitab) merujuk Mikha 4:8 sebagai suatu nubuat yang mengindikasikan bahwa sang Mesias akan dinyatakan dari "Menara Kawanan Domba" (Migdal-Eder) yang berkaitan dengan kota Betlehem, di sebelah Tenggara Yerusalem. [Bdk. Lukas 2:11-12]

Sekelompok khusus gembala memelihara anak domba2 yang akan menjadi korban persembahan dimana hidup domba-domba tersebut harus tidak bercacat cela, sebab domba-domba tsb akan menjadi persembahan yang kudus bagi Tuhan. [Imamat 9:3;  Kel. 12:5]. Domba2 tsb berada di bawah perlindungan khusus Kaum Rabinik.

Domba betina yang akan melahirkan anak domba, mendapat perawatan khusus agar anak domba yang baru lahir tidak cacat atau terluka. Imam yang bertugas di Migdal Eder harus memastikan tentang hal itu.  Salah satu cara perawatan anak-anak domba yang baru lahir  tsb, adalah membungkusnya dengan  kain lampin agar  tidak lecet.

IDENTIFIKASI KELAHIRAN YESUS
KELUARAN 12:1-5
12:1 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa dan Harun di tanah Mesir :
12:2 "Bulan inilah akan menjadi permulaan segala bulan bagimu; itu akan menjadi bulan pertama bagimu tiap-tiap tahun. [NISSAN] :
12:3 Katakanlah kepada segenap jemaah Israel: Pada tanggal sepuluh bulan ini diambillah oleh masing-masing seekor anak domba, menurut kaum keluarga, seekor anak domba untuk tiap-tiap rumah tangga.
12:5 Anak dombamu itu harus jantan, tidak bercela, berumur setahun; kamu boleh ambil domba atau kambing.

KALENDER YAHUDI & GREGORIAN




MASA TUGAS PARA IMAM DALAM BAIT ALLAH
1 TAWARIKH 24 :1-10
24:1 Inilah rombongan-rombongan anak-anak Harun. Anak-anak Harun ialah Nadab, Abihu, Eleazar dan Itamar.

24:2 Tetapi Nadab dan Abihu mati lebih dahulu dari pada ayah mereka dengan tidak mempunyai anak laki-laki, maka yang memegang jabatan imam ialah Eleazar dan Itamar.

24:3 Daud, bersama-sama Zadok dari bani Eleazar dan Ahimelekh dari bani Itamar, membagi-bagi mereka menurut jabatan mereka dalam penyelenggaraan ibadah.

24:4 Lalu ternyata bahwa di antara keturunan Eleazar ada lebih banyak kepala kaum dari pada di antara keturunan Itamar, sebab itu orang membagi-bagi mereka sebagai berikut: untuk bani Eleazar enam belas orang kepala puak, tetapi untuk bani Itamar delapan orang kepala puak.

24:5 Dan orang membagi-bagi mereka dengan membuang undi tanpa mengadakan perbedaan, sebab ada "pemimpin-pemimpin kudus" dan "pemimpin-pemimpin Allah", baik di antara keturunan Eleazar maupun di antara keturunan Itamar.

24:6 Dan Semaya bin Netaneel, panitera itu, seorang Lewi, menulis nama mereka di depan raja, di depan pembesar-pembesar, imam Zadok, Ahimelekh bin Abyatar dan di depan kepala-kepala puak para imam dan orang Lewi; setiap kali satu puak diambil dari Eleazar, dan demikian pula satu puak dari Itamar.

24:7 Undian yang pertama jatuh pada Yoyarib; yang kedua pada Yedaya;
24:8 yang ketiga pada Harim; yang keempat pada Seorim;
24:9 yang kelima pada Malkia; yang keenam pada Miyamin;
24:10 yang ketujuh pada Hakos; yang kedelapan pada Abia;

CATATAN : TIAP ROMBONGAN BERTUGAS SELAMA 7 HARI (1 MINGGU) DAN 2 KALI DALAM SETAHUN. TIAP ROMBONGAN BERJUMLAH 1.000 ORANG (1 Taw. 23:4)

IMAM ZAKHARIA BERTUGAS DALAM BAIT ALLAH MENURUT KALENDER KEAGAMAAN YAHUDI

INJIL LUKAS :
1:5 Pada zaman Herodes, raja Yudea, adalah seorang imam yang bernama Zakharia dari rombongan Abia. Isterinya juga berasal dari keturunan Harun, namanya Elisabet.
1:8 Pada suatu kali, waktu tiba giliran rombongannya, Zakharia melakukan tugas keimaman di hadapan Tuhan.
1:9 Sebab ketika diundi, sebagaimana lazimnya, untuk menentukan imam yang bertugas, dialah yang ditunjuk untuk masuk ke dalam Bait Suci dan membakar ukupan di situ.
1:10 Sementara itu seluruh umat berkumpul di luar dan sembahyang. Waktu itu adalah waktu pembakaran ukupan.

JADWAL TUGAS PARA IMAM – Bagian 1

JADWAL TUGAS PARA IMAM – Bagian 2



PERKIRAAN BULAN LAHIR YESUS
KELUARAN 2:15
Anak dombamu itu harus jantan, tidak bercela, BERUMUR SETAHUN; kamu boleh ambil domba atau kambing.
DOMBA JANTAN yang akan dijadikan “KORBAN PENGHAPUS DOSA” pada perayaan PASKAH YAHUDI pada bulan Nisan (Maret-April) HARUS BERUMUR SATU TAHUN. Bila dihitung mundur maka kena pada akhir bulan ADAR (Februari – Maret).

LUKAS 1:5-9
Imam Zakharia mendapat giliran masuk Bait Allah pada paruh waktu ke-2, bulan Oktober (PERHATIKAN TABEL). Dengan demikian, Elisabet diperkirakan hamil pada bulan November (Kislew/bulan 9, Yahudi) dan Yohanes Pembaptis lahir pada bulan
Agustus-September (Elul/bulan 6, Yahudi).

Yesus Kristus lahir pada bulan Februari -Maret (Adar-Nissan).

Hal ini cocok dengan perhitungan umur DOMBA JANTAN (harus 1 TAHUN) sebelum PASKAH YAHUDI (Nisan; Maret-April).

SELAMAT MEMPERINGATI
NATAL YESUS KRISTUS

Penulis: Ps. Jerry Elim.
Penulis buku-buku Kristen Popular dan Kontroversi.

Klik Facebook Profile



Mari bantu kami ambil bagian dengan menyebarkan Pelajaran ini dengan Klik: Bagikan / Share. Terima kasih Tuhan Yesus memberkati.




Jangkauan Pelayanan MuridSejati.com akan sangat di bantu saat anda ikut berbagai tulisan yang baru anda baca, tekan tombol berbagi yang sudah tersedia. Terima Kasih Atas Bantuan Anda.

0 komentar:

Post a Comment


Anda diberkati dengan website ini ?
Bantu pengembangan website
 lewat Donasi :





Transfer Bank klik:


Berlangganan Melalui Email

Masukan alamat email anda:

Pastikan emailAktif

Data Kunjungan

Blog Archive