Belajar dan bertumbuh bersama Yesus Kristus yang adalah Guru dan Tuhan. Muridkan diri pribadi lebih dahulu sebelum memuridkan orang lain

November 20, 2016

RENCANA TUHAN MENAWARKAN KEHIDUPAN YANG BARU Bag.II (Lanjutan)

Ayat Hafalan:

"Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang."  2Ko 5:17.

Ketika Tuhan kita Yesus Kristus menyelamatkan seseorang, maka orang tersebut menjadi manusia baru. Kita menyebutnya manusia baru dalam Kristus, karena dalam Kristus dia menerima hidup baru. Dalam kuasa Tuhan Yesus, pribadi yang baru tersebut menemukan kekuatan.

Sekarang kita akan belajar kehidupan iman yang sesungguhnya. Hal ini berarti kita akan belajar bagaimana orang tersebut, yang telah diubah oleh Kristus, hidup di dunia menurut Kristus.

Ketika kita mengatakan bahwa Kristus mengubah seseorang menjadi pribadi yang baru, kita maksudkan bahwa orang itu, yang sekarang berada dibawah pimpinan Roh Kudus, melakukan hal-hal menurut contoh tindakan Kristus. Pribadi baru tersebut (yaitu orang Kristen) akan juga membenci perbuatan-perbuatan dan hal-hal jahat. Semua ini terjadi karena sudah menerima Kristus sebagai Juruselamat.

AYAT-AYAT ALKITAB SEBAGAI BAHAN BELAJAR SENDIRI

Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar sehingga kamu dapat menanggungnya.  1Ko 10:13. Bacalah  2Ko 5:14-16; Efe 4:20-5:33.

Jika Anda membaca dengan seksama ayat-ayat Alkitab diatas, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pembahasan kita.

ANAK ALLAH ADALAH SEORANG MANUSIA BARU

Karena kelahiran secara rohani dari seseorang, maka orang tersebut menjadi pribadi yang baru dalam Kristus. "Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang."  2Ko 5:17.

MANUSIA BARU AKAN MENYINGKIRKAN HAL-HAL YANG JAHAT

Ketika seseorang sudah menjadi manusia baru di dalam Kristus, dia menyingkirkan hal-hal yang tidak menyenangkan hati Kristus dari hidupnya. Mudah untuk dimengerti bahwa seorang Kristen tidak bisa melakukan hal ini sendiri. Allah bersedia memberikan kuasa-Nya pada orang Kristen untuk menyingkirkan hal-hal yang tidak sesuai dengan kehendak-Nya.

Alkitab juga memperingatkan kita akan dosa. "Karena itu tunduklah kepada Allah dan lawanlah iblis, maka ia akan lari daripadamu!"  Yak 4:7.

Yesus, yang adalah Juruselamat dari manusia baru, tidak hanya menyelamatkan manusia dari dosa dan kemudian melupakan yang lain tentang dia. Ketika Yesus menyelamatkan seseorang, maka hubungan Yesus dengan orang tersebut adalah kekal.

Yesus mengetahui pikiran manusia. Dia tahu kelemahan manusia, Yesus tidak menghendaki orang Kristen berdosa. Namun, ketika orang Kristen melakukan dosa, Yesus akan menawarkan kuasa-Nya untuk mengatasi dosa.

Kuasa Tuhan Yesus lebih besar dari kuasa apapun juga yang lain. "Pencobaan- pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya."  1Ko 10:13.

Kita melihat di sini dalam Firman Tuhan bahwa Anak Allah, Yesus Kristus, akan menolong anak-anak-Nya untuk membuang dosa dan segala macam pencobaan. "Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa. Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya."  Ibr 4:15-16.

BEBERAPA HAL YANG DITANGGALKAN ORANG KRISTEN DAN BEBERAPA HAL YANG DIKENAKAN

Lihatlah kembali ayat-ayat berikut ini:  2Ko 5:14-16; Efe 4:20-32; Efe 5.

Dalam ayat-ayat diatas, kita baru saja membaca dan belajar hal-hal yang seharusnya ditanggalkan dan dikenakan orang-orang Kristen. Sekarang kita dapat mengerti dengan jelas bahwa seseorang tidak meninggalkan hal-hal yang buruk untuk menjadi seorang Kristen. Hal itu terbalik. Karena orang tersebut adalah seorang Kristen, maka dia bersedia, dengan pertolongan Tuhan, menanggalkan hal- hal yang jahat dan mengenakan/melakukan yang baik untuk memuliakan Allah

JALAN YANG ALLAH KEHENDAKI BAGI SEORANG KRISTEN UNTUK HIDUP

1. Mengakui Tuhan. "Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu."  Ams 3:6.

2. Tetap murni. "Jagalah kemurnian dirimu."  1Ti 5:22.

3. Hidup dalam kehidupan ilahi. "Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan- keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita Yesus Kristus,"  Tit 2:12-13.




Mari bantu kami ambil bagian dengan menyebarkan seri pelajaran ini dengan Klik: Bagikan / Share. Terima kasih Tuhan Yesus memberkati.


0 comments:

Post a Comment

Translate

Join with us

Berlangganan Melalui Email

Masukan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner

Support Community

Powered by Blogger.

Lihat Daftar Lengkap Artikel :