Belajar dan bertumbuh bersama Yesus Kristus yang adalah Guru dan Tuhan. Muridkan diri pribadi lebih dahulu sebelum memuridkan orang lain

November 25, 2016

Firman Tuhan Sumber Kebahagiaan


Ayat Renungan:
Mzm 119:2-3  Berbahagialah orang-orang yang memegang peringatan-peringatan-Nya, yang mencari Dia dengan segenap hati, yang juga tidak melakukan kejahatan, tetapi yang hidup menurut jalan-jalan yang ditunjukkan-Nya.

Baca Selengkapnya: Mazmur 119:1-16

Karena tidak taat terhadap Firman Tuhan, umat harus menjalani penghukuman dan dibuang ke Babel. Di sana mereka menyadari getirnya kehidupan tanpa Firman (ayat  Mazm 119:6). Kesadaran itu menuntun pemazmur untuk melihat bahwa kebahagiaan yang sempurna hanya diperoleh dari kehidupan yang taat kepada Firman Tuhan (ayat  Mazm 119:1,2)mengapa Firman menjadi sumber kebahagiaan? Sebab Firman dan ketetapan Tuhan merupakan jalan-jalan Allah yang tidak membuat malu siapa pun yang menaatinya (ayat  Mazm 119:5), yang membuat hidup seseorang bersih (ayat  Mazm 119:9). Karenanya, hukum-hukum dan ketetapan Firman jangan dilihat sebagai daftar ketetapan moral, melainkan dilihat sebagai pernyataan keadilan Allah (ayat  Mazm 119:7) yang membawa damai sejahtera (syalom). Kata-kata “hukum-hukum-Mu yang adil,” jika dilihat dari akar bahasa Ibraninya dapat juga berarti “hukum-hukum-Mu yang benar.” Dengan demikian, hukum itu berakar pada keb enara n Allah sebagai fondasi kerajaan Allah yang merupakan sumber kebenaran yang membahagiakan.

Berbagai hukum dan ketetapan Firman dalam Alkitab adalah bentuk-bentuk konkret dari kebenaran Allah yang hakiki yang dari konteks satu ke konteks lain bisa mengambil bentuk berbeda, namun sepenuhnya berakar pada kebenaran hakiki yang kekal dari Allah.

Renungkan: Untuk berpegang pada Firman Tuhan, kesadaran saja tidaklah cukup. Dibutuhkan komitmen untuk tekun dan setia mengerti Firman dan mengenal Tuhan (ayat  Mazm 119:8,15,16), komitmen untuk belajar Firman Tuhan dan bersedia menerima ajaran-Nya (ayat  Mazm 119:12), komitmen untuk merenungkan (ayat  Mazm 119:15), menggemarinya, (ayat  Mazm 119:16) lalu kemudian membagikannya.


Mari bantu kami ambil bagian dengan menyebarkan renungan ini dengan Klik: Bagikan / Share. Terima kasih Tuhan Yesus memberkati.

0 comments:

Post a Comment

Translate

Join with us

Berlangganan Melalui Email

Masukan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner

Support Community

Powered by Blogger.