Belajar dan bertumbuh bersama Yesus Kristus yang adalah Guru dan Tuhan. Muridkan diri pribadi lebih dahulu sebelum memuridkan orang lain

November 13, 2016

BERTANGGUNG JAWAB UNTUK HIDUP DALAM PERSEKUTUAN

Bacaan Alkitab:  1Yo 1:6-7; Efe 4:1-16; Kis 2:42-47.

Ayat Hafalan:
 "Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan- pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melaku-kannya menjelang hari Tuhan yang mendekat."  Ibr 10:24-25.

PENDAHULUAN
 "Lihatlah bagaimana orang-orang Kristen saling mengasihi." Semangat persekutuan ini harus ditunjukkan di antara sesama orang Kristen.

RENCANA ALLAH UNTUK PERSEKUTUAN
 Di dalam kasih, Allah Bapa memberi kita Raja Damai, anak-Nya yaitu Yesus Kristus. Bacalah tentang kasih Yesus dalam  Yoh 13:1. Yesus akan segera meninggalkan dunia ini untuk kembali kepada Bapa Surgawi-Nya. Ia telah berdoa untuk kita semua yang percaya kepada-Nya saat Ia menyiapkan diri untuk keberangkatan ini. Bacalah doa ini dalam  Yoh 17, catatlah khusus  Yoh 17:11 dan  Yoh 17:22. Yesus berkata bahwa Dia dan Allah Bapa adalah satu. Apakah isi doanya untuk kita? Allah sangat mengasihi kita. Ia rindu agar kita memiliki kasih itu dan terikat kasih dengan yang lain. Apakah Anda rindu untuk memiliki kasih itu dan terikat kasih dengan sesama Kristen?

APAKAH PERSEKUTUAN ITU?
 Persekutuan berarti menerima kasih dari orang lain dan memberikan kasih kepada orang lain. Yesus membasuh kaki para murid-Nya, tetapi Ia juga membiarkan Maria membasuh kaki-Nya dengan air matanya. Yesus memberi makan 5000 orang tetapi Ia juga rela membiarkan Maria dan Marta memasak untuk-Nya. Kita saling membantu sehingga kita menjadi seperti yang Tuhan inginkan saat kita memberi dan menerima kasih di dalam persekutuan. Bacalah  Ibr 10:24. Pikirkan bagaimana kita dapat menolong satu sama lainnya untuk menunjukkan kasih dan perbuatan baik. "Allah adalah terang…jika kita berjalan di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain."  1Yo 1:5-7. Janganlah kita menjaunkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.  Ibr 10:25. Bagaimanakah umat percaya menguatkan dan memperbaiki persekutuan mereka? Kita perlu menyediakan waktu yang berarti untuk bersama, bahkan seperti yang dilakukan orang-orang percaya setelah Pentakosta. Bacalah  Kis 2:42-47 dan pelajarilah macam-macam kegiatan orang Kristen mula-mula tersebut. Aktivitas-aktivitas semacam ini memerlukan rencana dan perlu memberi waktu, usaha dan tenaga. Apakah Anda sedang memberikan waktu, usaha dan tenaga Anda untuk memiliki persekutuan Kristen?

HASIL-HASIL DARI PERSEKUTUAN
 Persekutuan sejati membawa hasil yang positif. Saat Anda mempelajari persekutuan di hari Pentakosta, perhatikan apa yang terjadi:
1. Membagikan uang untuk orang yang memerlukan
2. Tanda-tanda ajaib dan mujizat
3. Kerelaan semua orang
4. Orang-orang yang diselamatkan Allah ditambahkan dalam kelompok mereka.

Apakah persekutuan kita membawa hasil-hasil seperti ini?

UJIAN PERSEKUTUAN
 Allah memerintahkan, Barang siapa mengasihi Allah, ia harus juga mengasihi saudaranya.  1Yo 4:21. Tidak ada pilihan; 1Yohanes memberi suatu metode untuk menguji orang Kristen yang sejati. Bacalah  1Yo 3:14 untuk mengetahui gambaran seorang Kristen yang sejati. Yohanes menggambarkan perubahan itu seperti pindah dari kematian menuju kehidupan. Bahkan dalam kehidupan Kristen yang baru ini juga bisa terjadi putusnya persekutuan. Masalah-masalah dalam hubungan atau persekutuan dise-babkan karena dosa dalam kehidupan seseorang atau lebih banyak orang lagi. Kita harus mengakui hal ini dan mengambil langkah untuk memper-baikinya. Di dalam  1Yo 2:3-6 kita belajar bagaimana kita dapat yakin bahwa kita mengenal-Nya. Bacalah ayat-ayat ini untuk belajar apa yang akan kita lakukan jika kita mengenal-Nya dan berada di dalam Dia. Apakah Anda mengenali-Nya? Apakah Anda berjalan di dalam Dia?

Apakah Tuhan selalu menerima pemberian-pemberian kita? Bacalah apa yang dikehendaki oleh Yesus dalam pengajar-an-Nya dari khotbah-Nya di bukit dalam  Mat 5:23-24. Yesus tidak memberitahu kita apakah orang di mezbah tersebut adalah orang yang berbuat salah atau orang yang disalahkan. Apakah yang akan kita lakukan jika kitalah yang berbuat salah itu? Jika kita mengaku dosa kitas, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.  1Yo 1:9. Bacalah juga  Yak 5:16. Tuhan memberikan sebuah janji untuk mengampuni dan member-sihkan kita jika melakukan apa yang diberitahukan-Nya kepada kita.

METODE ALLAH UNTUK PERSEKUTUAN
 Penulis surat Ibrani memberi kita nasehat "agar jangan sampai akar pahit muncul dan menyebabkan masalah, sehingga banyak orang tercemar." Nasehatnya adalah "Berusahalah hidup damai dengan semua orang"  Ibr 12:14-15.

"Melalui pengertian datanglah penerimaan."
 "Jika engkau tidak mengerti, visi atau pandanganmu akan terlalu sempit dan tidak cukup luas."

Kata-kata ini adalah pepatah lama. Jika kita belajar untuk mengenali alasan- alasan seseorang berpikir dan bertindak, akan lebih mudah untuk menerima kelakuannya. Sebagai contohnya ada orang yang cepat mengambil makanan saat dihidangkan. Dia mungkin tidak peduli dan harus segera mengambil makanan untuk dirinya sendiri atau tidak akan dapat apa-apa. Walaupun ada banyak makanan sekarang, dia bertindak seperti sebelumnya. Paulus meminta kita agar…Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu.  Efe 4:2.

Kita semua kadang-kadang harus menghubungi beberapa orang yang mengecewakan hati kita. Orang tua, anak, atau teman kita dapat menyakiti dan hampir menghancurkan kita. Kita tidak dapat mengasihi mereka dengan kekuatan manusiawi. Itu di luar kemampuan manusia. Hanya kuasa Allah yang tinggal di dalam kita yang dapat mengasihi orang-orang yang menyakiti kita. Tuhan telah memberikan kepada kita kasih yang melebihi kasih manusia, yang disebut kasih agape. Kasih agape menolong kita mengasihi orang-orang yang sulit untuk dikasihi, yang tidak layak untuk menerima kasih kita dan yang tidak menginginkan kasih kita. Allah menaruh kasih ini di dalam kita. Apakah Kristus membatasi kasih-Nya? Tidak! Ia mengampuni orang-orang yang meludahi-Nya dan mencucukkan paku di tangan-Nya. "Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat"  Luk 23:34. adalah doa-Nya. Apakah pengikut Yesus membatasi kasih-Nya? Apakah jawaban Yesus saat Petrus bertanya, "Apakah aku harus mengampuni sebanyak 7 kali?" Apakah artinya ketika Yesus menjawab, "tujuh puluh kali tujuh?" Bacalah  Mat 18:21-22.

APAKAH TUJUAN PERSEKUTUAN KITA?
 Apakah kita hidup dalam persekutuan yang bersukacita, saling membantu atau memelihara kesatuan Roh di dalam dan oleh ikatan kasih? Apakah kita hidup dalam kerendahan hati, lemah lembut dan kesabaran dan "tunjukkan kasih dalam hal saling membantu?" Bacalah  Efe 4:1-3.


Mari bantu kami ambil bagian dengan menyebarkan seri pelajaran ini dengan Klik: Bagikan / Share. Terima kasih Tuhan Yesus memberkati.



Jangkauan Pelayanan MuridSejati.com akan sangat di bantu saat anda ikut berbagai tulisan yang baru anda baca, tekan tombol berbagi yang sudah tersedia. Terima Kasih Atas Bantuan Anda.

0 komentar:

Post a Comment


Anda diberkati dengan website ini ?
Bantu pengembangan website
 lewat Donasi :





Transfer Bank klik:


Berlangganan Melalui Email

Masukan alamat email anda:

Pastikan emailAktif

Data Kunjungan

Blog Archive