Belajar dan bertumbuh bersama Yesus Kristus yang adalah Guru dan Tuhan. Muridkan diri pribadi lebih dahulu sebelum memuridkan orang lain

November 11, 2016

BERTANGGUNG JAWAB DALAM HIDUP YANG BENAR


Bacaan Alkitab:  Roma 12:1-2; 1Korintus 6:19-20; Mazmur 42:2

Ayat Hafalan:
 "Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya. Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran."  Rom 6:12-13.

PENDAHULUAN
 Kebenaran berarti berdiri sebagai orang benar di hadirat Tuhan. Kita menerima kedudukan kita sebagai orang benar di hadapan Allah hanya melalui Kristus, yang telah memenuhi semua syarat hukum untuk menggantikan tempat kita. Kristuslah yang telah membenarkan kita. Tetapi oleh Dia kamu berada dalam Kristus Yesus, yang oleh Allah telah menjadi hikmat bagi kita. Ia membenarkan dan menguduskan dan menebus kita.  1Ko 1:30. Dalam pelajaran ini kita akan belajar kunci tentang kehidupan yang benar sebagai orang Kristen.

HAUS DAN LAPAR AKAN KRISTUS MERUPAKAN KEBENARAN KITA
 Dalam  Mat 5:6 Yesus berkata, "Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan." Dalam  Mat 6:33, Yesus menyatakan kebenaran yang sama di dalam cara yang berbeda, "Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu." Di dalam Alkitab Allah telah memberikan banyak undangan kepada orang-orang yang lapar dan haus akan kebenaran. Bacalah  Yes 55:1-2;  Yoh 4:10-14; Wah 26:6 dan  Wah 22:17.

Apakah yang dimaksudkan dengan lapar dan haus akan kebenaran? Saat Anda berada di tempat yang kering dan panas untuk jangka waktu yang lama, Anda akan haus. Anda akan memberikan semua yang Anda miliki hanya untuk seteguk air. Anda akan bersedia menempuh jarak yang jauh bahkan mendaki bukit batu yang akan melukai tangan dan lutut Anda, hanya untuk mendapatkan air.

Apakah Anda benar-benar lapar dan haus akan kebenaran? Apakah Anda benar-benar ingin menyingkirkan hidup Anda yang penuh dosa dan rusak? Apakah Anda ingin menjadi murni dan suci lebih dari pada yang lain? Bersediakah Anda mencari kebenaran dan keadilan walaupun Anda akan terluka dalam masa pencarian itu?

Lapar dan haus akan kebenaran tidak hanya dipraktekkan dalam hal  mencari Tuhan saja tetapi juga dipraktekkan kepada saudara-saudara kita seiman. Jika kita lapar dan haus akan kebenaran, kita akan merasa terluka dengan adanya kejahatan dan masalah-masalah moral di dunia ini. Kita tidak akan tinggal tenang ketika seseorang diperlakukan sewenang-wenang karena ketidakadilan.

Kita benar-benar diperintah untuk lapar dan haus akan kebenaran! Kita  harus mengutamakan untuk mencari Tuhan dulu dengan sungguh-sungguh sehingga kita tidak bisa berhenti lagi. Kita harus menjadi alat kebenaran dan keadilan Allah. Kita juga harus mencari kebenaran dengan sesama kita.

Dan apakah upah kita? Kita akan dipuaskan.

Setelah Anda mencari dan mencari dan menemukan air, Anda  mengambilnya. Anda merasa sangat panas dan kering. Setetes air mengalir melalui tenggorokan Anda dan kemudian Anda minum dan minum lagi. Akhirnya Anda dipuaskan.

Banyak orang lapar dan haus akan dunia. Mereka menginginkan kuasa, uang, kemasyuran dan perhatian. Akankah mereka dipuaskan dengan hal-hal tersebut? Kita dijanjikan jika kita lapar dan haus akan kebenaran, kita akan dipuaskan.

Tuhan telah berjanji bahwa saat kita lapar dan haus akan kebenaran, kita akan "dipuaskan" Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan.  Mat 5:6.

Orang-orang yang lapar dan haus akan kebenaran akan dipenuhi dengan kebenaran yang jauh lebih baik dari apapun yang mereka miliki. Orang-orang yang lapar dan haus akan kebenaran harus berbalik kepada Kristus. Ketika kita menerima Kristus di dalam hidup kita melalui iman, kita diisi dengan kebenaran-Nya. Ini adalah awal dari hidup yang baru untuk kita. Hari demi hari, saat kita mencari-Nya, Ia menuntun kita untuk bertumbuh lebih lagi dan lebih lagi di dalam gambaran-Nya. Bacalah  Rom 12:1-2 untuk menemukan bagaimana hidup di dalam Kristus menuntun kita kepada perubahan pikiran kita.

MENYERAHKAN KEBENARAN KITA KEPADA KRISTUS
 Dalam  Rom 6:12-19, kita melihat tanggapan kita akepada kebenaran yang kita terima melalui iman. Kita memilih untuk menyerahkan diri kita kepada Allah sehingga Ia bisa memakai kita untuk memenuhi tujuan-Nya di dalam kita dan melalui kita. Saat Yesus menjadi kebenaran kita, kita harus memberikan semua milik kita untuk Dia. Kemudian saat Ia mengisi hidup kita hari demi hari, kita hidup dengan kebenaran yang kita terima melalui iman di dalam Dia. Jika kita memberontak melawan Kristus dan Firman-Nya, kita menyerahkan hidup kita pada dosa dan menjadi alat kejahatan. Walaupun kita merasa melakukan hal-hal yang baik, kita tidak dapat memenuhi kebenaran Allah dalam kekuatan kita sendiri. Kita memilih menjadi hamba dosa (untuk kejahatan) atau pelayan Allah (untuk kebenaran).  Rom 13:14 menolong kita mengerti hal ini: Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang dan janganlah merawat tubuhnu untuk memuaskan keinginannya. Saat kita memilih untuk tinggal di dalam Kristus, Kebenaran sejati, kita setuju untuk hidup di dalam pengawasan-Nya.

KESIMPULAN
 Orang Kristen yang bertanggung jawab dalam hidup yang benar akan melakukan hal-hal ini:

1. Ia akan lapar dan haus akan Kristus, Kebenaran kita.

2. Ia akan menerima kebenaran yang Allah sediakan seperti yang dinyatakan dalam Kitab Suci, yakni Kristuslah kebenaran kita.

3. Ia akan menyerahkan dirinya kepada Kristus Tuhan, untuk hidup dalam pengawasan-Nya.


Mari bantu kami ambil bagian dengan menyebarkan seri pelajaran ini dengan Klik: Bagikan / Share. Terima kasih Tuhan Yesus memberkati.

0 comments:

Post a Comment

Translate

Join with us

Berlangganan Melalui Email

Masukan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner

Support Community

Powered by Blogger.

Lihat Daftar Lengkap Artikel :