Belajar dan bertumbuh bersama Yesus Kristus yang adalah Guru dan Tuhan. Muridkan diri pribadi lebih dahulu sebelum memuridkan orang lain

November 09, 2016

BERTANGGUNG JAWAB DALAM HAL MEMPELAJARI ALKITAB


Ayat Hafalan:
 "Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran."  2Tim 3:16.

PENDAHULUAN
 Seorang ayah yang bijaksana dan penyayang akan selalu membuat semua harapan-harapannya diketahui dengan jelas oleh anak-anaknya. Kemudian ia mengharapkan mereka untuk mentaatinya. Allah juga demikian. Allah mengasihi kita dan menginginkan kita untuk melakukan kehendak-Nya. Ia mengajar kita di dalam Firman-Nya, yakni Alkitab bagaimana cara kita harus hidup. Dalam pelajaran ini kita akan belajar mengapa sangat penting bagi kita untuk mempelajari Alkitab.

ALKITAB ADALAH PESAN ALLAH BAGI KITA
 Ayat Hafalan  2Ti 3:16 memberitahukan kita bahwa segala tulisan di dalam Alkitab diilhami oleh Allah. Bacalah ayat itu lagi sekarang. Walaupun orang-orang seperti Musa, Yesaya dan Paulus yang menulis kata-kata dalam Alkitab, mereka melakukannya di bawah bimbingan Tuhan. Oleh karena itu, pesan yang mereka tulis adalah pesan Allah bagi kita.

Seseorang yang menerima surat dari presiden negaranya pasti akan dengan cepat membukanya dan membacanya dengan teliti. Apalagi jika surat itu dari Tuhan, betapa kita harus bersungguh-sungguh dan bersabar saat membaca pesan Tuhan kepada kita serta mentaatinya.

ALKITAB MEMBERITAHU ORANG TERHILANG/TERSESAT BAGAIMANA CARA AGAR DAPAT DISELAMATKAN
 Banyak orang bingung memikirkan cara untuk selamat. Orang-orang yang berbeda memberitahu mereka, yaitu orang yang sesat, terhilang ini hal-hal yang berbeda juga. Dari Alkitablah kita bisa belajar cara Tuhan yang satu-satunya untuk hidup yang kekal. Tidak ada jalan lain. Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.  2Ti 3:15. Alkitab adalah tulisan-tulisan yang suci yang mengajarkan tentang rencana Allah untuk penye-lamatan orang-orang berdosa. Perhatikanlah hal ini: Hanya mengetahui tentang Alkitab tidak akan menye-lamatkan Anda. Anda diselamatkan hanya oleh anugerah melalui iman kepada Yesus Kristus. Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.  Efesus 2:8-9. Saat Anda belajar dengan teliti tentang Alkitab dan mengerti pesannya tentang Yesus, Anda dapat mengetahui bahwa Anda sedang mengikuti jalan keselamatan Allah.

ALKITAB MENGAJAR ORANG KRISTEN BAGAIMANA IA HARUS HIDUP
 Beberapa orang Kristen ada yang tidak yakin mengenai apa yang benar dan apa yang salah. Ayat Hafalan kita memberitahu bahwa kita dapat menemukan pertolongan yang kita butuhkan di dalam Alkitab. Hal ini tidak berarti bahwa Alkitab akan mendaftar segala hal yang benar dan hal yang berdosa. Tetapi ini berarti bahwa Alkitab akan mengajar Anda bagaimana mengikuti kehendak Allah. Alkitab akan menunjukkan kepada Anda cara yang menyenangkan hati Allah. Alkitab akan menghukum dan mengoreksi Anda saat Anda gagal berjalan dalam cara itu.

ALKITAB AKAN MENOLONG ANDA MENJADI PELAYAN KRISTUS YANG BAIK
 Setiap orang Kristen yang sejati pasti ingin menyenangkan dan melayani Yesus Kristus. Bacalah  2Ti 3:17. Ayat itu mengatakan bahwa Anda akan diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik dengan mengikuti pengajaran-pengajaran Firman Allah. Anda tidak akan hanya mengetahui bagaimana untuk hidup dalam hidup Anda secara pribadi, tetapi Anda akan belajar untuk menggunakan Alkitab untuk menolong orang-orang yang belum diselamatkan untuk datang kepada Kristus dan kehidupan kekal. Juga, Anda akan belajar untuk menolong teman sesama Kristen agar menjadi lebih kuat dalam Tuhan. Anda tidak akan lagi memberitahu orang-orang tentang apa yang Anda pikirkan, tetapi Anda dapat memberitahu mereka tentang apa yang Tuhan katakan. Hal ini akan sangat menolong mereka.

ALKITAB AKAN MENOLONG ANDA DALAM MENGATASI PENCOBAAN
 Banyak orang berusaha untuk memaafkan diri mereka sendiri atas dosa-dosa mereka dengan mengatakan: "Setan lebih bijaksana dan kuat daripada saya. Bagaimana mungkin saya melawan cobaan-cobaan?" Alkitab akan menolong Anda untuk mengerti tentang tipuan-tipuan iblis. Alkitab juga akan memberitahu Anda bagaimana Anda dapat menerima kekuatan dari Allah sehingga Anda dapat melawan cobaan.

Pemazmur berkata, "Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau."  Maz 119:11. Sekarang bacalah  Mat 4:1-11 dan perhatikan bagaimana Iblis mencobai Yesus. Perhatikanlah bahwa Yesus menjawab pencobaan-pencobaan Iblis dengan Firman Allah.

ALKITAB BERISI BANYAK JANJI ALLAH UNTUK ANDA
 Anggap saja Anda melamar untuk suatu kedudukan di sekolah tertentu. Kemudian Kepala Sekolah itu menjawab surat lamaran Anda dan berjanji bahwa Anda akan mendapat kedudukan di sekolah itu jika Anda datang pada hari pembukaannya. Ini adalah janji Kepala Sekolah untuk Anda. Tetapi anggap saja Anda tidak membaca surat itu setelah Anda menerimanya. Hari pembukaan sekolah telah tiba, tetapi Anda tidak datang karena Anda tidak membaca balasan surat itu. Anda telah kehilangan kedudukan itu. Hal ini sama dengan janji-janji Allah di dalam Alkitab. Anda harus mengetahui janji-janji Allah dan memenuhi syarat-syarat Allah sebelum Anda menerima hal-hal yang menakjubkan yang telah Ia janjikan. Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekuanan dan penghiburan dari Kitab Suci.  Rom 15:4.

MENGAPA SAYA HARUS MEMPELAJARI ALKITAB?
 Ini adalah suatu pertanyaan yang sangat penting dan tidak ada tempat yang cukup untuk menjawab secara keseluruhan pada pelajaran ini. Bagaimanapun juga, tiga hal ini akan menolong Anda saat Anda mempelajari Firman Allah.


Mari bantu kami ambil bagian dengan menyebarkan seri pelajaran ini dengan Klik: Bagikan / Share. Terima kasih Tuhan Yesus memberkati.

0 comments:

Post a Comment

Translate

Join with us

Berlangganan Melalui Email

Masukan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner

Support Community

Powered by Blogger.

Lihat Daftar Lengkap Artikel :