Belajar dan bertumbuh bersama Yesus Kristus yang adalah Guru dan Tuhan. Muridkan diri pribadi lebih dahulu sebelum memuridkan orang lain

November 17, 2016

BERTANGGUNG JAWAB DALAM HAL BERSAKSI

Bacaan Alkitab:  Kisah 1:8; Kis 4:18-20; Yoh 15:8.

Ayat Hafalan:
 "Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."  Kis 1:8.

PENDAHULUAN
 Dalam pelajaran ini kita akan mempelajari apa yang diajarkan oleh Alkitab mengenai bersaksi tentang Yesus kepada orang-orang di seluruh dunia. Allah mengharapkan agar setiap orang Kristen menjadi saksi Kristus.

Pernahkah Anda melihat rumah yang terbakar? Saat Anda melihat kebakaran itu Anda adalah seorang saksi. Anda memberikan kesaksian itu kepada anggota keluarga lainnya, teman-teman Anda dan mungkin juga kepada orang-orang yang tidak Anda kenal. Orang-orang ingin tahu apa yang telah terjadi. Orang-orang menunggu untuk Anda memberi-tahu mereka apa yang telah Anda lihat. Orang-orang Kristen adalah saksi dari apa yang telah Yesus lakukan untuk kita. Anda telah bertemu dengan Yesus. Apa yang telah terjadi pada Anda pada waktu Anda mengundang-Nya untuk datang dalam kehidupan Anda? Bagaimana Yesus dapat menolong orang lain? Yesus menolong Anda untuk selamat dari dosa-dosa Anda. Anda harus memberitahu kepada orang lain apa yang telah terjadi dalam hidup Anda pada saat Anda menerima-Nya. Bacalah  1Pe 3:15.

TELADAN BERSAKSI Bacalah  Yoh 4:1-30
 Dalam ayat-ayat ini kita membaca bagaimana Yesus ber-saksi kepada seorang wanita Samaria di pinggir sebuah sumur. Perhatikan apa yang Yesus lakukan:
1. Ia memulai percakapan dengan menggunakan apa yang ada di dekat-Nya. "Berilah Aku minum"  Yoh 4:7

2. Dengan cepat Ia membawa percakapan itu kepada hal-hal rohani. "Barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya ia tidak akan haus untuk selama- lamanya"  Yoh 4:14.

3. Ia menyebabkan wanita itu mengakui dosa-dosanya sendiri. "Yang ada sekarang padamu, bukanlah suamimu. Dalam hal ini engkau berkata benar"  Yoh 4:18.

4. Ia menolak untuk diajak bertengkar. "Allah adalah Roh, dan berangsiapa yang menyembah Dia harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran"  Yoh 4:24.

5. Ia menyatakan dengan jelas pernyataan-Nya dan menghendaki agar wanita itu membuat keputusan-Nya sendiri tentang Dia. "Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau"  Yoh 4:26.

Setelah wanita itu mendengar dan percaya kepada Yesus, dengan segera ia pergi ke kotanya sendiri dan menceritakan kepada orang-orang tentang Yesus. Tuhan Yesus adalah teladan kita dalam hal bersaksi. Ia ingin supaya orang-orang mengenal Allah Bapa-Nya. Ia berbicara kepada para nelayan, pemungut cukai, seorang hakim bahkan seorang pencuri. Dengan cara yang sama semua orang Kristen harus bersaksi kepada seluruh manusia, memberitahu mereka tentang Yesus.

PERLUNYA BERSAKSI
 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi  Kis 1:8. Dalam ayat ini, Yesus memerintahkan setiap orang Kristen untuk bersaksi, dimulai dalam kotanya sendiri atau desanya sendiri dan desa berikutnya. Jika Anda seorang Kristen Anda harus memberitahu orang lain mengenai apa yang telah Yesus lakukan untuk Anda.  Kis 4:18-20 memberitahu tentang suatu waktu Petrus dan Yohanes ditangkap karena berkhotbah dan diperingati agar tidak berbicara lagi tentang Yesus. Mereka membalas, "Sebab tidak mungkin bagi kami untuk tidak berkata-kata tentang apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar."  Kis 4:20. Bersaksi harus menjadi sifat alami dari seorang Kristen-Anda harus membagikan cerita tentang apa yang sudah terjadi dalam hidup Anda. Dalam  Yoh 15:8, Yesus berkata bahwa salah satu bukti dari pemuridan adalah bersaksi, atau menghasilkan buah. Jika Anda adalah murid-Nya, kehidupan Anda akan penuh dengan kesaksian.

KUASA UNTUK BERSAKSI
 Anda tidak bisa mengubah hati seseorang. Anda dapat memberikan seluruh waktu Anda untuk berbicara kepada seseorang mengenai Yesus tetapi Anda tidak dapat mengubah kehidupannya. Adalah pekerjaan dari Roh Kudus untuk mengubah orang- orang.  Kis 1:8 berkata: "Kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu." Roh Kudus akan selalu menolong Anda saat Anda bersaksi mengenai Yesus kepada orang lain. Yesus berjanji dalam  Mat 28:20, "Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." Saat Anda bersaksi untuk Yesus, roh-Nya bersama dengan Anda. Roh Kudus akan memenuhi Anda jika Anda meminta-Nya. Ia akan memberi Anda kuasa untuk bersaksi. Roh Kudus akan memimpin Anda kepada orang-orang yang telah Tuhan siapkan jika Anda berjalan di dalam Roh.

CARA BERSAKSI
 Satu cara yang baik untuk memulai suatu kesaksian ialah membagikan kesaksian Anda sendiri. Beritahukanlah bagai-mana Anda sebelum menerima Kristus dan apa yang terjadi saat Yesus datang ke dalam hidup Anda.

Kemudian, sebaiknya Anda menunjukkan tentang kebutuhan akan keselamatan. Mintalah orang itu untuk membaca  Rom 3:23 "Semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah."

Upah dosa ditunjukkan dalam  Rom 6:23. Bacalah ayat itu kemudian.

Alkitab juga menyatakan cara Tuhan Allah sendiri menyiapkan keselamatan bagi kita melalui Yesus Kristus. Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa  Rom 5:8.

Sekarang, bantulah orang itu untuk mengetahui bagaimana dia bisa menerima Yesus. Beritahu dia untuk mengaku dengan bibirnya tentang Tuhan Yesus dan percaya dengan hatinya bahwa Allah telah membangkitkan Yesus dari kematian. Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan  Rom 10:9.

Adalah baik untuk menunjukkan bahwa tidak ada seorangpun yang dapat menyelamatkan dirinya sendiri.  Efe 2:8-10 dapat menolong untuk menunjukkan bahwa keselamatan hanya ada di dalam Yesus saja. Akhirnya, bantulah orang itu untuk yakin akan keselamatannya.

Bacalah  1Yo 5:12-13, "Barangsiapa memiliki Anak, ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memiliki Anak, ia tidak memiliki hidup. Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal."

Beritahukanlah kepada seseorang tentang Yesus pada hari ini.

Mari bantu kami ambil bagian dengan menyebarkan seri pelajaran ini dengan Klik: Bagikan / Share. Terima kasih Tuhan Yesus memberkati.




Jangkauan Pelayanan MuridSejati.com akan sangat di bantu saat anda ikut berbagai tulisan yang baru anda baca, tekan tombol berbagi yang sudah tersedia. Terima Kasih Atas Bantuan Anda.

0 komentar:

Post a Comment


Anda diberkati dengan website ini ?
Bantu pengembangan website
 lewat Donasi :





Transfer Bank klik:


Berlangganan Melalui Email

Masukan alamat email anda:

Pastikan emailAktif

Data Kunjungan

Blog Archive