Belajar dan bertumbuh bersama Yesus Kristus yang adalah Guru dan Tuhan. Muridkan diri pribadi lebih dahulu sebelum memuridkan orang lain

November 10, 2016

BERTANGGUNG JAWAB DALAM HAL BERIBADAH

Ayat Hafalan:
 "Bernyanyilah bagi Tuhan, hai segenap bumi, kabarkanlah keselamatan yang dari pada-Nya dari hari ke hari."  1 Taw 16:23

PENDAHULUAN
 Yesus menyembah. Mengapa Anak Allah seharusnya perlu menyembah Allah Bapa?

Mengapa seorang Kristen perlu menyembah atau beribadah? Apakah keuntungannya? Perbedaan apa yang akan terjadi?

Pertanyaan yang menarik, bukan? Beribadah adalah pusat dari kehidupan seorang Kristen. Kelakuan orang Kristen, perkataan dan kasihnya untuk orang lain tergantung pada kasihnya kepada Allah. Dan kasihnya untuk Allah terlihat dalam kesungguhan dan kedalaman penyembahan kepada Allah.

PENYEMBAHAN ADALAH RENCANA ALLAH
 Penyembahan adalah rencana dari Allah, bukan dari manusia. Tuhan tahu dengan pasti apa yang dibutuhkan manusia. Seseorang yang benar-benar mengasihi Allah tidak dapat hidup tanpa menyembah Tuhan, bukan untuk mendapatkan sesuatu dari Dia, tetapi karena kita mengasihi-Nya. Kita menyenangkan hati Tuhan saat kita menyembah-Nya. Bacaan Alkitab kita,  1Ta 16:23-24, merupakan pujian penyembahan dan ucapan syukur.

MENYEMBAH ADALAH BERSUKACITA
 Bernyanyilah bagi Tuhan, hai segenap bumi, kabarkanlah keselamatan yang dari pada-Nya dari hari ke hari.  1Ta 16:23.

Orang Kristen memiliki banyak hal untuk dijadikan alasan untuk bersukacita, oleh sebab itu ia menyanyi. Beribadah bukanlah suatu kesedihan. Kuasa terang lebih besar daripada kuasa kegelapan. Yesus Kristus telah bangkit dari kematian! Kehidupan Kristen diisi dengan kemenangan, kedamaian dan kasih.

Kita harus menyanyi bagi Tuhan. Kita menyembah Tuhan yang hidup dan penuh kasih, Pencipta dan Juruselamat kita. Kita tidak menyembah orang lain, sebab orang lain tidak melakukan apa yang telah Yesus lakukan untuk kita. Tak seorangpun dapat mengasihi kita seperti Ia mengasihi kita.

SELURUH DUNIA DIPANGGIL UNTUK MENYEMBAH
 Bacalah  1Ta 16:23
 Keinginan Allah yang terbesar adalah supaya seluruh dunia menyembah Dia. Ia telah menciptakan bumi dan seluruh jagad raya. Ia adalah Tuhan atas seluruh dunia. Semuanya harus memuji Tuhan. Pujian menyatakan kasih dan rasa terima kasih kita kepada Tuhan. Oleh sebab itu pujian adalah bagian penting dari penyembahan rohani.

MENYEMBAH BERARTI MENYATAKAN KEBAIKAN ALLAH
 Bacalah  1Ta 16:24-27
 Dalam penyembahan kita menyatakan penyelamatan Allah, kemuliaan-Nya dan perbuatan-perbuatan-Nya yang besar. Ia adalah Tuhan. Kita harus menyatakan kebenaran itu kepada semuanya yang mau mendengar dari hari ke hari. Bacalah lagi  1Ta 16:23.

Ia telah membuat segala hal. Hanya Dia saja yang layak menerima pujian kita. Marilah kita memberikan pujian yang terbaik.

KITA BERIBADAH BERSAMA DENGAN ORANG-ORANG LAIN
 Kepada Tuhan, hai suku-suku bangsa, kepada, Tuhan sajalah kemuliaan dan kekuatan!  1Ta 16:28.

Semua bangsa dipanggil untuk menghormati Tuhan. Di dalam Alkitab ada waktu- waktu untuk penyembahan pribadi, tetapi lebih dititikberatkan pada penyembahan secara berkelompok. Bacalah  Maz 42:5 dan  Ibr 10:25.

PENYEMBAHAN ADALAH SUATU PENGHORMATAN DAN SUATU TANGGUNG JAWAB
 Berilah kepada Tuhan kemuliaan nama-Nya, bawalah persembahan dan masuklah menghadap Dia! Sujudlah menyembah kepada Tuhan dengan berhiaskan kekudusan.  1Ta 16:29.

Betapa indahnya untuk datang di hadapan-Nya! Hal ini merupakan suatu penghormatan dan tanggung jwab. Suatu penghormatan sebab Ia kudus dan kita orang berdosa. Suatu tanggung jawab sebab kita tidak berani mengabaikan Dia. Kita tidak berani melupakan kasih-Nya maupun murka-Nya. Kita tidak berani kehilangan sumber kekuatan kita. Kita tidak berani mengabaikan Penyelamat kita. Kita tidak berani melupakan siapa kita, yakni orang-orang berdosa yang dibebaskan untuk kemuliaan-Nya. Kita adalah milik-Nya! Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, -dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!  1Ko 6:19-20.

MENYEMBAH ADALAH MEMBERI
 Bacalah lagi  1Ta 16:29
 Membawa suatu persembahan adalah suatu tindakan penyembahan. Penyembahan yang sejati melibatkan untuk memberi juga menerima. Saat kita mempersembahkan diri kita ke dalam hadirat-Nya, kita mempersembahkan pujian kita, ucapan syukur kita dan pemberian kita. Ataupun jika kita membawa seekor kambing, seekor domba atau uang, kita membawa kemuliaan bagi-Nya, dan kita membangun gereja-Nya dengan pemberian persembahan kita.

PENYEMBAHAN MEMBUTUHKAN PERSIAPAN
 Bacalah lagi  1Ta 16:29
 Tuhan memberkati orang-orang yang benar-benar menghormati Dia. Kita mempermuliakan Tuhan dengan menyiapkan pikiran kita, roh kita dan tubuh kita untuk beribadah. Bangsa Israel sangat bersungguh-sungguh dengan agama. Para imam berpakaian dengan sangat teliti untuk peran mereka di dalam penyembahan umum. Umat Allah harus disiapkan dalam setiap cara saat mereka masuk ke dalam hadirat Allah yang kudus dalam penyembahan.

PENYEMBAHAN ADALAH MENGHORMATI
 Bacalah  1Ta 16:30-34
 "Kita gemetar di hadapan-Nya," bukan karena ketakutan tetapi karena kagum dan sangat menghormati kemuliaan Tuhan. Tuhan memerintah! Ia adalah Raja! Dengan kekuatan-Nya, Ia menegakkan dunia, tidak bergoyang  1Ta 16:30. Hanya orang bebal yang berkata dalam hatinya, "tidak ada Allah"  Maz 14:1.

Tuhan datang untuk menghakimi dunia ini. Tuhan tidak pernah meninggalkan ciptaan-Nya. Segala sesuatu adalah milik-Nya. Ia memiliki setiap hak untuk mengadili semua yang Ia ciptakan. Ia adalah Tuhan atas semuanya.

Marilah kita memuji-Nya! Marilah kita bersyukur kepada Tuhan sebab Ia baik, untuk selama-lamanya kasih-Nya! Ia mengharapkan penghormatan kita sebab Ia adalah benar dan adil. Kasih-Nya tidak pernah gagal dan tidak berkesudahan.

PENYEMBAHAN
 Bacalah  Mi 6:6-8
 Dalam Perjanjian Lama, beberapa macam upacara sangat penting. Bangsa Israel sungguh-sungguh mengikuti upacara penyembahan. Upacara ada nilainya. Bagaimanapun juga, upacara tersebut tidak boleh menggantikan bagian penyembahan rohani.

Dalam Perjanjian Baru, kesederhanaan lebih penting/diutamakan dalam penyembahan orang Kristen. Penyembahan biasanya termasuk pujian, doa, pembacaan Alkitab dan pengajaran Alkitab. Penekanan dalam penyembahan adalah kerohanian, persembahan dan kasih dari dalam hati. Yesus berkata bahwa Allah harus disembah dalam roh dan kebenaran. Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah- Nya dalam roh dan kebenaran.  Yoh 4:24. Oleh sebab itu, marilah kita selalu menjadi penyembah yang benar!


Mari bantu kami ambil bagian dengan menyebarkan seri pelajaran ini dengan Klik: Bagikan / Share. Terima kasih Tuhan Yesus memberkati.

0 komentar:

Post a Comment

Berlangganan Melalui Email

Masukan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Post Terbaru

Data Kunjungan

Blog Archive

Total Pageviews

Jual Apartemen Murah