Belajar dan bertumbuh bersama Yesus Kristus yang adalah Guru dan Tuhan. Muridkan diri pribadi lebih dahulu sebelum memuridkan orang lain

November 08, 2016

BERTANGGUNG JAWAB DALAM HAL BERDOA


Bacaan Alkitab: Lukas 11:1-13

Ayat Hafalan:
 "Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan Firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya." Yoh 15:7

PENDAHULUAN
 Sebagai seorang Kristen Anda adalah seorang murid Yesus. Murid-murid pertama telah memohon kepada Tuhan untuk mengajarkan kepada mereka bagaimana untuk berdoa. Mereka telah melihat bahwa doa membawa kekuatan kepada Yesus. Mereka telah melihat bahwa doa telah membawa berkat bagi yang lain. Mengapa seharusnya Anda meminta Tuhan untuk mengajarkan Anda berdoa? Ada beberapa alasan. Marilah kita mempelajarinya.

FIRMAN ALLAH MEMERINTAHKAN KEPADA ANDA UNTUK BERDOA
 Alkitab adalah Firman Allah. Tuhan memberitahu Anda melalui Firman-Nya apa yang Ia inginkan untuk Anda lakukan. Carilah Tuhan selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat! Yes 55:6. Yesus mengatakan suatu perumpamaan kepada mereka untuk menegaskan, bahwa mereka harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemu. Lukas 18:1. Tetaplah berdoa. 1Te 5:17. Juga bacalah Luk 21:36 dan Fil 4:6. Setelah Anda membaca petunjuk-petunjuk ini dari Tuhan, bacalah Yoh 14:15. Sebagai seorang Kristen alasan terpenting untuk berdoa ialah bahwa Allah memerintahkan Anda untuk berdoa.

ALLAH MENGINGINKAN ANDA UNTUK BERDOA
 Yesus telah mengajarkan kepada para murid-Nya agar mereka berbicara kepada Bapa di surga saat mereka berdoa. Berdoa ialah berbicara dengan Bapamu yang di surga. Hal itu merupakan persekutuan dengan Allah. Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu Yak 4:8a. Bukankah itu janji yang sangat indah? Tuhan Anda sangat tersanjung dan sangat senang saat Anda berbicara dengan Dia tentang segala sesuatu.

PERTUMBUHAN ROHANI ANDA MENUNTUT ANDA UNTUK BERDOA
 Yesus berkata bahwa Anda dapat meminta kepada Bapa Surgawi apapun yang Anda butuhkan. Anda boleh berdoa agar kerajaan-Nya datang. Hal itu berarti Anda sedang meminta agar kuasa pemerintahan-Nya atas semua orang menjadi kenyataan, dan supaya kehendak-Nya jadi di bumi ini. Anda boleh meminta keperluan makanan setiap hari. Ini mengajarkan kepada Anda untuk bergantung kepada Bapa Surgawi untuk segala sesuatu. Anda boleh meminta pengampunan atas dosa dan pembebasan dari cobaan. Iblis adalah musuh Anda. Ia akan mencobai Anda dan menuntun Anda kepada dosa. Jika Anda berdosa, Anda hanya bisa diampuni jika Anda mau mengakui dosa Anda kepada Tuhan. Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. 1Yo 1:9. Sudahkah Anda melihat bahwa sangat penting bagi Anda untuk berdoa? Anda tidak dapat bertumbuh sebagai seorang Kristen tanpa berdoa.

PENGHASILAN BUAH ANDA TERGANTUNG PADA DOA ANDA
 Pada suatu kesempatan yang lain Yesus mengajarkan kepada para murid-Nya untuk "tinggal tetap di dalam Dia" Yoh 15:5-7. Sebuah cabang hanya dapat tetap hidup dan berbuah jika ia tetap bersatu pada batangnya. Sebagai seorang Kristen, Anda juga demikian. Anda disatukan kepada Kristus, Tuhan Anda. Ini yang dimaksudkan dengan tinggal di dalam Kristus. Berbuah sebagai seorang Kristen adalah hidup dalam suatu cara sehingga orang-orang datang untuk mengenal Kristus sebagai Juruselamat dan mereka dikuatkan saat Anda melayani mereka. Salah satu cara untuk melakukan hal ini adalah dengan berdoa. Belajarlah mulai saat ini untuk sungguh-sungguh mempercayai janji yang indah ini. Bacalah lagi Yoh 15:7 dan Yoh 15:16.

ORANG-ORANG LAIN MEMBUTUHKAN DOA-DOA ANDA
 Dalam ayat-ayat kita yang lalu Luk 11:1-13, Yesus menceritakan sebuah kisah tentang seorang laki-laki yang datang pada temannya di tengah malam. Seorang tamunya telah datang dan dia tidak memiliki makanan untuk disajikan. Maka ia meminta pada temannya tiga ketul roti. Temannya menyahut: "Jangan ganggu saya, saya sedang beristirahat. Saya tidak dapat bangun dan memberi apapun kepadamu." Tetapi laki-laki ini tetap terus meminta temannya memberi apa yang dia perlukan. Yesus menggunakan cerita ini untuk mengajar kita agar tidak menyerah saat kita berdoa untuk orang lain. Ia memberi janji yang indah kepada kita di dalam Luk 11:9-10 "Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan."

ANDA HARUS MEMENUHI SYARAT-SYARAT ALLAH UNTUK BERDOA
 Alkitab mengatakan, "Doa orang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya" Yak 5:16. Ini adalah suatu janji yang sangat indah. Di dalam surat Efesus, Paulus mengatakan, "Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah dialam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya" (Efe 6:18). Berdoalah untuk orang-orang yang belum percaya, supaya mereka di selamatkan. Berdoalah untuk teman-teman yang terkena pencobaan, supaya mereka menjadi kuat dan setia kepada Yesus. Berdoalah untuk orang-orang yang sakit, supaya mereka disembuhkan. Berdoalah untuk para pemimpin pemerintahan, supaya mereka dapat memimpin dengan bijaksana. Bacalah 1Ti 2:1-2. Sangat penting menjadi seorang Kristen yang doa-doanya didengar oleh Allah.

1. Anda harus berdoa dengan iman. Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barang-siapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia. Ibr 11:6.

2. Anda harus memiliki hati yang bersih. Sesungguhnya, Allah telah mendengar, Ia telah memperhatikan doa yang kuucapkan. Maz 66:19.

3. Anda harus kudus dalam kehidupan sehari-hari Anda… dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka. 2Ta 7:14.

4. Anda harus berdoa menurut kehendak Allah. Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya. Dan jikalau kita tahu, bahwa Ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu, bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang telah kita minta kepada-Nya. 1Yo 5:14-15.

5. Anda harus tinggal tetap di dalam Kristus. Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. Yoh 15:7.


Mari bantu kami ambil bagian dengan menyebarkan seri pelajaran ini dengan Klik: Bagikan / Share. Terima kasih Tuhan Yesus memberkati.

0 comments:

Post a Comment

Translate

Join with us

Berlangganan Melalui Email

Masukan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner

Support Community

Powered by Blogger.

Lihat Daftar Lengkap Artikel :