Belajar dan bertumbuh bersama Yesus Kristus yang adalah Guru dan Tuhan. Muridkan diri pribadi lebih dahulu sebelum memuridkan orang lain

November 16, 2016

4 Rahasia Berkat Menurut Alkitab

Galatia 3:14
“Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.”

Selama kita hidup di dunia ini, kita tidak luput dari kebutuhan, keperluan dan keinginan. Karena itu semua orang ingin diberkati atau ingin menerima berkat. Judul Firman Tuhan ini adalah 'kunci berkat'. Kalau kita sudah mendapat kunci berkat maka berkat Tuhan pasti terbuka dan melimpah dalam hidup kita.
Dalam ayat di atas dikatakan bahwa 'berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain (orang kafir – TL). Pengertian kafir di sini adalah orang-orang yang di luar keturunan Abraham, Ishak dan Yakub. Secara lahiriah kita bukanlah keturunan Abraham, tetapi secara rohaniah di dalam Yesus Kristus kita menjadi keturunan Abraham.
Berkat Abraham bukan hanya berkat jasmani tetapi juga berkat rohani. Dan berkat terbesar yang kita terima sebagai keturunan Abraham rohani adalah berkat keselamatan. Tema terbesar dalam Alkitab, mulai dari Kejadian sampai Wahyu adalah rencana dan penggenapan penyelamatan Allah atas semua manusia melalui keturunan Abraham yaitu Yesus Kristus. Barangsiapa yang percaya kepada Yesus pasti diselamatkan.

Oleh sebab itu, ada beberapa kunci rahasia berkat yang ditulis dalam Alkitab ;

1) Beribadah. Keluaran 23:25. Dalam beribadah kita menghormati, memuliakan dan mengagungkan Nama Tuhan. Janji Tuhan bagi mereka yang beribadah adalah Tuhan memberkati sandang, pangan, dan papan, yaitu makanan, minuman, pakaian dan semua kebutuhan kita. Bukan hanya itu, tetapi semua jenis virus penyakit dilalukan dari tubuh kita. Namun, di samping itu kita perlu menjaga pola makan yang sehat. Kalau sudah menderita suatu jenis penyakit, janganlah memakan makanan yang bertentangan dengan penyakit itu. Tuhan berkuasa memberikan kesehatan kepada kita, tetapi bukan berarti kita tidak menjaga pola hidup sehat.
Beribadah, mencari Tuhan sangat penting dan harus menjadi yang utama. Bd. Matius 6:33. Setelah Yesus bangkit dari kubur, Dia tidak banyak lagi mendemonstrasikan mujizat. Tetapi Yesus lebih banyak berbicara tentang Kerajaan sorga. Kita adalah warga Kerajaan Sorga dan Tuhan adalah Raja kita. Karena itu kita sangat bergantung kepada Tuhan. Dia adalah Raja di atas segala raja dan Tuhan di atas segala Tuhan. Karena itu kita harus selalu dekat dengan Tuhan, memuji Tuhan, memuliakan Tuhan, dan berdoa kepadaNya.

2) Bekerja. Amsal 10:4 – “Tangan yang lamban membuat miskin, tetapi tangan orang rajin menjadikan kaya.” Semua orang tentu mau menjadi kaya. Dan saya pikir cukup kaya saja, tidak perlu kaya raya. Sebab orang kaya raya cenderung melupakan Tuhan dalam hidupnya. Mereka lebih mengandalkan kekuatan dan tidak perduli dengan Tuhan.
Dari kitab Amsal ini kita mengetahui bahwa salahsatu kunci menerima berkat Tuhan adalah bekerja keras. Rasul Paulus dalam 2 Tesalonika 3:10 menyampaikan bahwa seorang yang tidak mau bekerja, janganlah ia makan. Kita dituntut untuk bekerja bahkan harus bekerja keras.
Allah menghendaki kita bekerja sebab Allah pun bekerja. Karena pekerjaan Allah maka setiap hari kita bisa menikmati sinar matahari, bulan, air, dlsb. Seandainya tidak ada air, tidak ada matahari, maka hidup kita pasti sulit. Atau seandainya Tuhan tidak bekerja memberikan oksigen setiap hari maka kita pasti mati. Jadi Allah kita bekerja, maka Tuhan tuntut kita bekerja, bahkan bekerja dengan cekatan.


3) Menabur. 2 Korintus 9:6 – “Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga.”
Ketika anda menerima berkat Tuhan, sisihkan sepersepuluh dan sediakan benih untuk ditaburkan. Lukas 6:38.
Satu keluarga di jemaat kami berkorban materi dan tenaga untuk renovasi gedung gereja dan juga membersihkan ruangan gereja setiap harinya. Hampir setiap hari mereka datang untuk melihat keadaan gereja dan untuk membersihkannya. Lalu saya perhatikan bagaimana Tuhan sangat memberkati keluarga itu. Mereka memiliki usaha loundry kiloan. Biasanya maksimal orderan setiap hari hanya 30 kilogram. Tetapi setelah menabur, memberi baik tenaga dan harta bagi pekerjaan Tuhan, maka sekarang sedikitnya 100 kilogram orderan loundry setiap harinya.
Biasakan untuk tidak menghabiskan berkat untuk diri kita sendiri. Tetapi sediakan untuk benih, untuk dibagikan kepada orang lain, kepada hamba Tuhan tamu, dan kepada pekerjaan Tuhan. Belajar untuk memberi persembahan khusus atau korban tatangan. Puji Tuhan, sekarang jemaat GPdI Banda Aceh 70 persen sudah memberi persepuluhan dan 50 persen sudah mau memberi korban tatangan.
Menabur atau memberi adalah sebuah kunci untuk membuka lebar-lebar berkat Tuhan.”

4) Berdoa dan bersyukur. Kita harus berdoa. Orang yang gemar berdoa tidak kuatir akan hidup ini. Berdoa berarti kita berhubungan pribadi dengan Tuhan. Tuhan adalah Sumber berkat. Kalau kita dekat kepada Tuhan dalam doa maka berkatNya pasti dicurahkan dalam hidup kita.

Jadi kalau anda mau berhasil, perhatikan empat hal ini dan belajar untuk melakukannya, yaitu beribadah, bekerja, menabur dan berdoalah. Tuhan Yesus memberkati kita semua.


Mari bantu kami ambil bagian dengan menyebarkan seri pelajaran ini dengan Klik: Bagikan / Share. Terima kasih Tuhan Yesus memberkati.


Jangkauan Pelayanan MuridSejati.com akan sangat di bantu saat anda ikut berbagai tulisan yang baru anda baca, tekan tombol berbagi yang sudah tersedia. Terima Kasih Atas Bantuan Anda.

0 komentar:

Post a Comment


Anda diberkati dengan website ini ?
Bantu pengembangan website
 lewat Donasi :





Transfer Bank klik:


Berlangganan Melalui Email

Masukan alamat email anda:

Pastikan emailAktif

Data Kunjungan

Blog Archive