Belajar dan bertumbuh bersama Yesus Kristus yang adalah Guru dan Tuhan. Muridkan diri pribadi lebih dahulu sebelum memuridkan orang lain

October 18, 2016

Rancangan Tuhan

Yesaya 55:11  demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.

Umumnya orang yang biasa berpikir global, tidak memiliki kemampuan untuk memperhatikan detail; demikian sebaliknya. Kaum pria yang biasa menyusun rencana global sering tertolong (atau malah konflik?) dengan kaum wanita yang cenderung berkapasitas lebih menaruh perhatian pada hal detail. Syukurlah Tuhan kita memiliki baik rancangan global maupun pengaturan detail untuk setiap kita.

Repotnya dalam era yang pascamodernisme ini kita cenderung tidak percaya penting, perlu atau mungkinnya memiliki suatu rancangan besar. Sebaliknya zaman ini orang malah curiga dan antipati terhadap rancangan besar. Rancangan besar dianggap tidak mungkin, sebab setiap orang telah sangat dipengaruhi oleh konteks budaya-politis tempat ia hidup dan oleh pengalaman subjektifnya. Mengaku bahwa kita tahu rancangan besar Allah, akan membangkitkan tuduhan bahwa kita sok tahu. Rancangan besar juga dianggap tidak baik, sebab merusak keindahan yang terdapat pada keunikan yang ada dalam perbedaan. Maka muncul semacam suasana anti metanarasi atau anti rancangan global sebagai sesuatu yang menjajah dalam era pascamodernisme ini.

Memang tidak mungkin ada orang mampu memiliki suatu peta lengkap tentang realitas hidup ini berdasarkan pengertiannya sendiri. Namun firman Allah bukan bicara tentang kapasitas manusia, tetapi kapasitas Allah yang tidak terjangkau namun membuat diri dan rancangan-Nya tercerap dan teralami oleh kita yang beriman kepada-Nya. Allah memiliki rancangan global, yang mengikutsertakan rencana baik-Nya untuk setiap kita. Menerima rancangan besar Allah bukan menghancurkan rencana detail kebutuhan khas kita masing-masing. Melainkan, rancangan besar-Nya memenuhi kebutuhan terdalam dan terinci masing-masing kita. Betapa mengagumkan dan membangkitkan iman jika kita mempelajari bagaimana rancangan Allah mengatur seisi alam semesta, menuntun perjalanan segenap umat, menjawab kebutuhan kita akan berbagai kehausan jiwa kita terdalam. Persilakan Ia membentuk hidup kita agar menjadi bagian dalam rencana besar-Nya yang kekal!

Mari bantu kami untuk menjangkau lebih banyak jiwa dengan menyebarkan tulisan ini Klik: Bagikan / Share. Terima kasih Tuhan Yesus memberkati.


Jangkauan Pelayanan MuridSejati.com akan sangat di bantu saat anda ikut berbagai tulisan yang baru anda baca, tekan tombol berbagi yang sudah tersedia. Terima Kasih Atas Bantuan Anda.

0 komentar:

Post a Comment


Anda diberkati dengan website ini ?
Bantu pengembangan website
 lewat Donasi :





Transfer Bank klik:


Berlangganan Melalui Email

Masukan alamat email anda:

Pastikan emailAktif

Data Kunjungan

Blog Archive