Belajar dan bertumbuh bersama Yesus Kristus yang adalah Guru dan Tuhan. Muridkan diri pribadi lebih dahulu sebelum memuridkan orang lain

October 21, 2016

Perlu Iman Untuk Melihat Kuasa-Nya

Matius 9:22  Tetapi Yesus berpaling dan memandang dia serta berkata: "Teguhkanlah hatimu, hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau." Maka sejak saat itu sembuhlah perempuan itu.

Selengkapnya Baca: Matius 9:18-34

Mengapa para pemimpin agama Yahudi menolak Yesus, malah mereka menuduh kuasa Yesus berasal dari penghulu setan (ayat  Mat 9:34)? Jawabnya: karena mereka tidak beriman! Mereka tidak dapat melihat dan mengerti bahwa Yesus membawa pembaruan bagi hidup, baik rohani dan jasmani.

Perikop ini memperlihatkan kepada kita bagaimana iman yang sederhana bahkan terbatas diterima oleh Yesus. Iman si kepala rumah ibadat adalah ibarat iman yang kepepet. Karena tidak ada jalan lain, ia meminta Yesus untuk menghidupkan anaknya (ayat  Mat 9:18). Iman perempuan yang menderita pendarahan adalah iman yang takhayul, memercayai akan kuasa yang bisa dialirkan lewat jubah seorang yang suci. Yesus menerima iman keduanya dan menyatakan kuasa-Nya yang menyembuhkan.

Iman kedua orang buta, yang memanggil Yesus sebagai "Anak Daud" bisa dikatakan iman yang bercampur dengan pengharapan mesianis yang keliru. Mereka memercayai bahwa Mesias adalah keturunan Daud yang akan menyelamatkan mereka dari penjajahan Romawi. Itu sebabnya setelah mereka sembuh, Yesus melarang mereka memberitahukan kejadian tersebut untuk menghindari kesalahpahaman itu semakin merebak. Sebelum menyembuhkan Yesus menguji keteguhan iman mereka (ayat  Mat 9:28). Dengan sepenuh hati mereka menyatakan percaya dan Tuhan pun menyembuhkan kebutaan mereka.

Hanya dengan terbuka kepada karya Yesus, seseorang akan menerima pembaruan hidup sepenuhnya. Bila kita menolak percaya bahwa kuasa-Nya ada dan dapat kita alami, maka kita akan seperti orang Farisi yakni tetap tinggal buta walaupun di sekeliling kita banyak mukjizat terjadi. Atau kita akan seperti orang banyak yang tidak mengalami apa-apa saat perempuan yang sakit pendarahan itu disembuhkan. Atau kita seperti para peniup seruling dan orang banyak yang menertawakan Yesus, mereka tidak melihat kuasa-Nya dinyatakan! Hanya waktu kita memakai kaca mata iman, kuasa-Nya yang dahsyat menjadi nyata.


Mari bantu kami untuk menjangkau lebih banyak jiwa dengan menyebarkan tulisan ini Klik: Bagikan / Share. Terima kasih Tuhan Yesus memberkati.

0 comments:

Post a Comment

Translate

Join with us

Berlangganan Melalui Email

Masukan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner

Support Community

Powered by Blogger.

Lihat Daftar Lengkap Artikel :