Belajar dan bertumbuh bersama Yesus Kristus yang adalah Guru dan Tuhan. Muridkan diri pribadi lebih dahulu sebelum memuridkan orang lain

October 03, 2016

Doa untuk Musuh


Matius 5:44 Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

Peryataan pertama Yesus dari kayu salib adalah: "Bapa, ampunilah mereka, karena mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan (Lukas 23:34). Mungkin kita akan lebih paham bila Dia berkata, " Bapa, hukumlah mereka." atau " Bapa, hakimilah mereka." Tetapi hal pertama yang Yesus katakan dari kayu salib adalah doa untuk musuh-musuh-Nya: "Bapa, ampunilah mereka, karena mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan".
Tuhan Yesus mempraktekkan apa yang ia kotbahkan. Ingat, dalam Kotbah di atas Bukit Dia berkata, "Kasihilah musuhmu, berkati orang-orang yang mengutukmu, berbuat kebaikan kepada yang membencimu, dan berdoa bagi mereka yang menganiaya kamu" (Matius 5:44).
Dan Yesus juga menggenapi nubuat tentang Mesias. Yesaya 53, yang ditulis ratusan tahun sebelum Kristus wafat, menyebutkan bahwa Mesias akan melakukan doa syafaat bagi semua orang berdosa. Dan itulah yang Yesus lakukan. Dia bersyafaat bagi semua orang yang berperan dalam kematian-Nya.
Pilatus sendiri tahu Tuhan Yesus tidak bersalah. Katanya, "Aku tidak menemukan kesalahan pada orang ini." (Lukas 23:4). Tetapi karena ia sangat cemas akan karir dan posisinya, ia tidak akan mau mengampuni dan membebaskan Yesus. Para pemuka agama sudah tahu bahwa tidak ada dakwaan sah dapat dituduhkan kepada Kristus. Bahkan kepala prajurit Romawi pada saat penyaliban berkata, "Sungguh, orang ini adalah Anak Allah!" (Markus 15:39). Yudas Iskariot mengetahui bahwa ia berbuat salah, berkata, "Aku telah berdosa karena menyerahkan darah orang yang tak bersalah" (Matius 27:4).
Jadi Yesus pada dasarnya mengatakan, "Bapa, ampuni mereka. Mereka tidak menyadari betapa buruknya hal ini. Ampuni mereka karena mereka sangat butuh pengampunan. Ampuni mereka, karena mereka telah melakukan dosa yang melebihi segala akal. Ampuni mereka, karena mereka melakukan sesuatu yang sangat jahat. Bapa, ampuni mereka."
Kapan terakhir kali Anda mendoakan para musuh Anda?

Ringkasan kalimat: Mengapa saya harus berdoa untuk musuh-musuh saya?
Sumber: Renungan bersama Greg Laurie
Mari bantu kami ambil bagian dengan menyebarkan tulisan ini dengan Klik: Bagikan / Share. Terima kasih Tuhan Yesus memberkati.

0 comments:

Post a Comment

Translate

Join with us

Berlangganan Melalui Email

Masukan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner

Support Community

Powered by Blogger.

Lihat Daftar Lengkap Artikel :